Robustea, Inovasi Mahasiswa STEM PrasMul yang Olah Kulit Buah Kopi Jadi Teh Premium

Kamis, 06 April 2023 - 15:09 WIB
loading...
A A A
Mereka menghadirkan sebuah minuman pengganti teh atau kopi yang kadar kafeinnya jauh lebih rendah dari kopi. Usaha teh Robustea ini dirintis pada 7 September 2022 merupakan alternatif teh yang premium, kaya dalam rasa dan aroma, rendah kafein, dan tinggi antioksidan.

Saat ini ada 4 varian rasa teh cascara yaitu Puntang Bandung, Bali Kintamani, Blume, dan Lux. Varian Puntang Bandung dan Bali Kintamani masuk ke dalam lini produk Single Origin. Lini Single Origin Cascara memberikan highlight kepada daerah masing-masing penghasil cascara.

Setiap daerah memiliki varietas kopi, jenis tanah, dan mikroklimat yang berbeda-beda, menghasilkan cascara dengan cita rasa yang unik dan spesifik.
Puntang Bandung mempunyai profil rasa yang sedikit smokey dengan hint rasa caramel dan prune.

Sedangkan Bali Kintamani memiliki rasa asam yang menyegarkan. Blume dan Lux masuk ke dalam lini produk Tisane. Lini Cascara Tisane menawarkan pengalaman menikmati teh cascara dengan campuran bunga yang telah dikurasi dengan profil rasa yang menarik.

Baca juga: 2 Dosen Muda UI Lulus Program Kepemimpinan Ilmuwan Kelas Dunia

Cascara dicampur dengan bunga melati dan globe amaranth pada varian Blume, memberikan aroma yang menenangkan. Berbeda dari Blume, varian Lux yang mencampurkan cascara dengan bunga marigold menghasilkan rasa manis alami seperti madu.

Alexander menuturkan, inovasi minuman mereka aman dikonsumsi untuk penderita diabetes dan gangguan lambung. Lebih dari itu, nilai gizi yang dihasilkan dari cascara lebih kaya dibanding dengan biji kopi sangrai.

Dalam 100-gram cascara mengandung sekitar 7 gram protein, jumlah yang sama dengan sebutir telur, dan 3.000 mg kalium, lebih dari enam buah pisang. Selain itu, cascara mengandung Vitamin B kompleks, Vitamin E, Vitamin K, asam lemak esensial Omega 3, 6, dan 9, asam amino esensial, serat, zat besi, kalium, magnesium, selenium, dan kalsium.

Cascara mengandung sejumlah besar senyawa bioaktif seperti polifenol, asam klorogenat, flavonol, antosianidin, katekin, rutin, tannin, dan asam ferulat yang membuatnya tergolong sebagai salah satu superfood.

Senyawa fenolik yang tinggi dalam cascara memainkan peran penting dalam pencegahan banyak penyakit kronis karena memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi dan anti-karsinogenik.

Selain itu, flavonoid yang sama yang ditemukan dalam dark chocolate juga berlimpah dalam cascara, yang dapat meningkatkan manfaat serupa bagi kesehatan jantung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1778 seconds (0.1#10.140)