3 Mahasiswa UI Borong Juara Lomba Seni Religi Tingkat Nasional

Rabu, 12 April 2023 - 17:33 WIB
loading...
A A A
Pengarah panitia lomba, Ahmad Sholechan, M.Si., menyampaikan bahwa Lomba Seni Religi ini diikuti ratusan mahasiswa se-Indonesia.

“Peserta lomba kali ini berasal kampus-kampus yang ada di Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua, baik kampus negeri maupun swasta yang berada di bawah Kemendikbudristek dan Kemenag. Ini menunjukkan tingginya animo mahasiswa terhadap perlombaan ini,” ujar Ahmad.

Tingginya animo mahasiswa terhadap Lomba Seni Religi menunjukkan besarnya minat mahasiswa terhadap dunia seni. Penyair dan dramawan senior, Jose Rizaal Manua, mengatakan, Ini surprise bagi dirinya. Selama ini lomba-lomba yang menarik minat mahasiswa adalah lomba yang bersifat sains, seperti olimpade matematika, inovasi teknologi, kompetisi akuntansi, dan sejenisnya.

"Ternyata, minat mahasiswa di bidang seni budaya juga tinggi. Tampaknya kita perlu memperbanyak lomba seni budaya di kalangan mahasiswa untuk menumbuhkan daya kreatif dan memberikan ruang ekspresi atas kreasi seni mahasiswa,” kata Jose.

Menanggapi harapan Jose, Kepala MAC UI, Dr. Ngatawi Al-Zastrouw, menyatakan bahwa MAC akan menjadikan kegiatan “Syiar Ramadan Kampus UI” sebagai agenda tahunan.

“Kami ingin event Syiar Ramadan dijalankan secara rutin sebagai ajang adu kreativitas mahasiswa di bidang seni budaya yang beruansa religi. Event seperti ini tidak saja menumbuhkan kreativitas seni mahasiswa, tetapi juga membentuk sikap keagamaan yang moderat, toleran, dan inklusif,” kata Zastrouw.

Pada Lomba Cipta Puisi Religius, mahasiswa yang mendapat juara adalah Muhammad Ade Putra (Juara 2/UGM), Sahrul Ramadhan (Juara 3/UNM), Mochamad Rohimat (Juara Harapan 1/Univ. INABA), Muhammad Ulil Absor (Juara Harapan 2/STIKIP PGRI Trenggalek).

Pemenang Lomba Video Pendek, antara lain Tim Mohammad Maulana Ghofari (Juara 2/UIN Sunan Ampel Surabaya), Tim Muhammad Irawan Saputra (Juara 3/UIN Sinan Kalijaga Yogyakarta), Tim Rahmad Ridho Illahi (Juara Harapan 1/UIN Ahmad Yunus Batu Sangkar), Tim Irfan Rahmadani (Juara Harapan 2/UIN Sultan Haji Muhammad Idris, Samarinda).

Adapun pemenang Lomba Kaligrafi Arab, yakni Ahmad Nur Hafidh (Juara 1/UIN Malang), Siroj Ibnu Hajar Al-Anshori (Juara 2/UNS Solo), Sandy Abdilah (Juara 3/UNM), dan Kusuma Rini (Juara Harapan 1/UIN KHAS Jember).

Penentuan para pemenang dilakukan oleh para Dewan Juri yang memiliki reputasi nasional dan internasional pada masing-masing cabang lomba.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1126 seconds (0.1#10.140)