Zaytuna College, Universitas Islam Pertama di Amerika Serikat Berusia 1 Dekade

Minggu, 23 April 2023 - 09:53 WIB
loading...
A A A
Dia mengatakan sebagian besar guru agama Islam di AS berasal dari negara lain seperti Pakistan, Yaman, Mesir. Jadi, meski ada jutaan Muslim di AS, agama Islam bisa terasa asing di negara tersebut.

"Orang-orang yang dilatih dan dididik di sini (Zaytuna), yang memahami nuansa dan kompleksitas masyarakat AS. Dan juga merasa nyaman dengan ke-Amerika-an mereka di satu sisi dan nyaman dengan Islam di sisi lain," ujarnya.

Zaid pun mengatakan Islam tidak pernah berakar di sebuah wilayah mana pun sampai daerah itu memiliki ulama Islamnya sendiri. AS punya ulama sendiri, katanya, merupakan tujuan dari Zaytuna College.

Dikutip dari laman Zaytuna College, kampus ini membuka program sarjana untuk studi Islam dan liberal arts. Dua program ini dipilih untuk memberikan siswa landasan dalam warisan intelektual dari dua peradaban besar dunia yakni Islam dan Barat. Sementara untuk program magister dibuka prodi teks Islam.

Zaytuna College menerima mahasiswa internasional dengan persyaratan harus memiliki kecakapan berbahasa Arab dan Inggris.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2665 seconds (0.1#10.140)