Ini Cara Mencegah dan Mengendalikan Penyebaran Malaria dari Guru Besar Esa Unggul

Selasa, 25 April 2023 - 21:24 WIB
loading...
A A A

Kasus Malaria di Indonesia

Prof. Maksum mangungkapkan bahwa menurut data Kemenkes disebutkan bahwa pada akhir tahun 2022, tercatat sebanyak 372 dari 514 kabupaten (72,4%) di Indonesia yang telah dinyatakan bebas malaria. Namun di Indonesia bagian timur, masih banyak kabupaten/kota yang merupakan daerah endemis tinggi. Sehingga sekitar 90% kasus malaria yang dilaporkan secara nasional berasal dari Indonesia bagian Timur.

Dengan melansir laman https://www.who.int/indonesia/news/events/world-malaria-day/2023 di Indonesia diperkirakan terdapat sekitar 1.412 kematian akibat malaria dari sekitar 811.636 kasus baru malaria pada 2021 di Indonesia, dimana sekitar 89% dari kasus malaria di Indonesia terjadi di Provinsi Papua.

Oleh sebab itu, guna mencapai tujuan program malaria di Indonesia antara lain diperlukan langkah-langkah penguatan program eliminasi malaria, tinjauan komprehensif terhadap kinerja program, dan mengidentifikasi permasalahan untuk terus dilakukan upaya-upaya perbaikan, termasuk untuk mendapatkan vaksin malaria Mosquirix melalui Gavi (the global vaccine alliance), yang merupakan vaksin malaria pertama yang telah disetujui oleh WHO.

Vaksin malaria Mosquirix buatan GlaxoSmithKline (GSK) ini telah direkomendasikan oleh WHO guna mencegah terjadinya penyakit malaria terutama pada anak-anak, tutup Prof. Maksum mengakhiri perbincangan ini.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1645 seconds (0.1#10.140)