5 Destinasi Wisata Pendidikan di Indonesia, No 2 Warisan Budaya Dunia UNESCO

Kamis, 11 Mei 2023 - 06:00 WIB
loading...
A A A
Yogyakarta tak hanya ada Malioboro ataupun keraton, di sana ada Taman Pintar yang merupakan destinasi wisata edukasi yang berlokasi di Jalan. Panembahan Senopati No.1-3.

Taman Pintar ini diresmikan pada 2008 oleh mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan menyediakan sejumlah wahana edukasi yang terbagi dalam beberapa area.

Untuk menikmati wahana tersebut, pengunjung harus membayar tiket tambahan karena tidak termasuk dalam harga tiket masuk. Beberapa wahana yang tersedia antara lain Kampung Kerajinan, Playground, dan Wahana Bahari.

4. Museum Dewantara Kirti Griya


Masih di Yogyakarta, ada Museum Dewantara Kirti Griya yang terletak di kompleks Majelis Luhur Tamansiswa di Jalan Taman Siswa nomor 31, Yogyakarta.

Baca juga: MAN Insan Cendekia Bangka Tengah Raih 19 Medali Ajang Olimpiade Sains Nasional 2023

Bangunan ini dulunya merupakan kediaman dari Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Indonesia. Pada tanggal 2 Mei 1970, Nyi Hajar Dewantara meresmikan museum tersebut.

Museum ini menyimpan lebih dari 3.000 koleksi berupa perabot rumah tangga, naskah, foto, koran, buku, majalah, dan surat-surat peninggalan Ki Hajar Dewantara semasa hidupnya.

Selain itu, Museum Dewantara Kirti Griya juga menjadi markas Badan Musyawarah Musea (Barahmus) DIY.

5. Kebun Raya Bogor

Destinasi wisata pendidikan selanjutnya terletak di Kota Hujan Bogor. Kebun Raya Bogor telah ada sejak masa Hindia Belanda yang awalnya hanya untuk tempat percobaan menanam tanaman perkebunan.

Kini Kebun Raya Bogor telah bertransformasi menjadi pusat ilmu pengetahuan di Indonesia, terutama dalam bidang botani pada periode antara tahun 1880 hingga 1905. Kebun Raya Bogor menjadi wadah bagi para ilmuwan Indonesia untuk mempelajari tanaman secara terorganisir.

Masyarakat juga bisa healing atau rekreasi sekeluarga di Kebun Raya Bogor dengan melihat hijaunya taman yang bisa dikunjungi, seperti Taman Meksiko, Taman Kopi, Taman Akuatik, Ecodome, Taman Teijsmann, dan lainnya.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2003 seconds (0.1#10.140)