Tingkatkan Kompetensi, 450 Guru di Samarinda Dapat Pelatihan Mengajar dari PSF-SDO

Rabu, 31 Mei 2023 - 14:26 WIB
loading...
A A A
Oleh karena itu, dukungan dari pemerintah sebagai salah satu partner, menjadi salah satu kunci keberhasilan program. Selain dengan pemerintah kota, pihaknya juga menggandeng mitra-mitra strategis lainnya, seperti lembaga atau pihak swasta yang memiliki kepedulian dan komitmen untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Samarinda.

"Dukungan dari kedua pihak ini, program Professional Development Program dan Guru Binar akan semakin kuat dan dapat memberikan kesempatan yang semakin luas dan merata bagi para pendidik dan pelajar di samarinda,” jelas Juliana.

Program Ekosistem Pendidik Profesional

Di Samarinda, PSF lewat inisiatif School Development Outreach (SDO), tengah menjalankan program Professional Development Program (PDP) yang menyasar para guru dari jenjang PAUD/TK, SD, SMP dan Guru Binar yang diperuntukkan bagi para siswa SMA di Samarinda.

Professional Development Program (PDP) merupakan program PSF-SDO yang secara khusus bertujuan untuk mengembangkan guru dan kepala sekolah yang berkualitas dan sejalan dengan Standar Kompetensi Guru dan Kepala Sekolah.

Khusus di Samarinda, PSF-SDO bermaksud menjawab tantangan akses terhadap peningkatan kompetensi guru melalui Ekosistem Pendidik Profesional (EPP) yang pada akhirnya dapat meningkatkan proses pembelajaran di kelas.

"PSF-SDO percaya, bahwa pendidikan yang berkualitas dapat tercipta dari akses pendidikan yang merata dan didukung oleh ekosistem yang memadai. Oleh karena itu, kami menghadirkan Ekosistem Pendidik Profesional untuk memberikan kesempatan kepada para guru tingkat PAUD/TK, SD dan SMP di Samarinda untuk mengembangkan kompetensi profesi sekaligus mempersiapkan mereka menjadi fasilitator kota yang dapat melakukan diseminasi kepada guru-guru lainnya," kata Juliana.

"Melalui Ekosistem Pendidik Profesional, kami pun percaya bahwa Samarinda memiliki sumber daya manusia yang memadai untuk memberikan kontribusi pada kualitas pendidikan di daerahnya dan akan terus menyebar luas,” tambahnya.

Terlaksananya EPP di Samarinda merupakan hasil kolaborasi PSF-SDO dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) yang telah dimulai sepuluh bulan yang lalu pada 2022. Diawali dengan seleksi yang intensif kepada 110 guru yang mendaftar secara mandiri, saat ini EPP telah memberikan pelatihan sebagai guru fasilitator kepada 30 guru terpilih.

Para guru yang menjadi Fasilitator Kota ini akan berperan sebagai roda perubahan dalam penyelenggaraan pelatihan di Samarinda sesuai dengan kebutuhan guru sekitar.

“Pemerataan akses pendidikan dalam hal ini di kota Samarinda selalu menjadi perhatian PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) dan sebagai wujud komitmen dalam mendorong kegiatan yang memiliki dampak positif dan terukur secara sosial," ungkap Hendriko Leonard Wiremmer, Assistant Vice President Unit Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero).

"Untuk mencapai tujuan tersebut, kami butuh mitra yang tepat dan kredibel, sehingga kami berkolaborasi dengan Putera Sampoerna Foundation melalui inisiatif School Development Outreach dalam program Ekosistem Pendidik Profesional untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui pemerataan akses pendidikan khususnya di kota Samarinda,” tambahnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2202 seconds (0.1#10.140)