Jawab Kebutuhan Pasar Kerja di Era Digital, UPNVJ Hadirkan Prodi Sains Informasi

Selasa, 13 Juni 2023 - 08:51 WIB
loading...
A A A
“Melalui program studi Sains Informasi ini berupaya untuk menyeimbangkan penyelesaian sosial dengan berbasis ICT (Information and Communication Technology) dan mengedepankan multidisiplin ilmu kepada para mahasiswa dan mahasiswi,” ucapnya.

Dia menjelaskan, program studi Sains Informasi UPNVJ berupaya untuk menjawab kebutuhan industry, berbasis pada ICT yang berintegrasi dengan ilmu sosial, budaya, dan berorientasi pada kajian sosial dengan Sosio-technology yang memperhatikan masalah sosial dan mempelajari bentuk penyelesaian masalah sosial dengan teknologi.

Baca juga: Intip Besaran Biaya Kuliah Kedokteran di 3 Kampus Swasta Terbaik di Indonesia

Menurutnya, bidang keilmuan yang dipelajari pun bervariatif. Mulai dari Ilmu Sosial Dasar yang juga termasuk ilmu komunikasi di dalamnya, Ilmu Komputer, kemudian mempelajari kearsipan dan perpustakaan, serta ilmu data dan informasi.

Sedangkan untuk ranah konsentrasi merujuk pada Data Science untuk ilmu sosial, bisnis informasi, serta ilmu arsip dan perpustakaan.

Bentuk mutildisiplin juga beragam namun tetap focus pada ilmu sosial-teknologi. Bahkan lulusannya dapat diarahkan menjadi Data Analyst, Business Intelligence, Knowledege Management Specialists serta menjadi spesialis arsitektur informasi seperti ahli dalam UI/UX yang dibutuhkan oleh industri pada umumnya yang berbasis pada web.

“Selain itu mahasiswa sejak dini sudah dibekali dengan dasar ilmu sosial-Informasi dan bahasa pemrograman. Sehingga tetap memiliki orientasi terhadap penyelesaian masalah sosial,” pungkasnya.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1462 seconds (0.1#10.140)