Kisah Inspiratif Prof Rumainur, Kuli Pasar Buah yang Kini Menjadi Profesor Hukum Unas

Selasa, 20 Juni 2023 - 19:30 WIB
loading...
A A A
"Jika direnungkan dan dibayangkan tentulah sungguh prihatin sebab pekerjaan kasar itu dilakukan oleh seorang remaja bernama “Rum” (panggilan kecil Prof. Rumainur, Ph.D.) yang saat itu masih sangat belia dan masih berstatus sebagai siswa aktif pada SMAN 2 Bukittinggi," terangnya.

Dia menambahkan, Prof Rum selanjutnya hijrah ke Kota Padang dan menuntut ilmu ke Fakultas Hukum Universitas Andalas hingga meraih gelar Magister Hukum di Fakultas Hukum Unand.

Demi menyelesaikan pendidikan doktoralnya, Prof Rumainur mesti menjual rumahnya namun dengan semangat dan kerja keras dia berhasil meraih gelar Ph.D. di bidang Hukum Ketenagakerjaan pada National University of Malaysia.

Dia menuturkan, sejak kecil Prof Rumainur memang telah mencintai ilmu bahkan sangat bercita-cita menjadi seorang guru. Maka sejak belia, ujarnya, Prof Rumainur pun gemar membaca buku.

"Selanjutnya pasca menyelesaikan pendidikan tingkat Doktoral tersebut di sinilah awal mula seorang Rumainur memutuskan untuk menjadi seorang Akademisi Hukum sepenuhnya, yang mana kesempatan ini beriringan dengan cita-cita beliau kecil yakni menjadi seorang Guru," ujarnya.

Prof Rumainur pun telah banyak menerbitkan berbagai macam buku hukum, jurnal hukum, dan penelitian hukum. Di mata mahasiswa, dia adalah dosen yang tidak kaku namun bijaksana dalam membimbing setiap mahasiswanya.

"Pada setiap kesempatan beliau kerap bercerita tentang pentingnya kerja keras dan keinginan belajar yang tinggi sebab dua hal tersebut dapat menyelamatkan kita dari kebodohan dunia," ungkapnya.

Prof Rumainur ditetapkan menjadi Guru Besar Bidang Hukum pada Universitas Nasional Jakarta pada 1 Mei 2023 berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1483 seconds (0.1#10.140)