Prospek Kerja Prodi D4 Teknologi dan Manajemen Ternak Sekolah Vokasi IPB

Kamis, 22 Juni 2023 - 22:49 WIB
loading...
A A A
Aktivitas perkuliahan di Prodi TNK didukung dengan fasilitas yang memadai. Menurut Danang, fasilitas yang menunjang kegiatan praktikum di Prodi TNK sudah sangat lengkap dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.

Prodi TNK sudah memiliki laboratorium ternak ruminansia (sapi, domba dan kambing) dan laboratorium ternak unggas (ayam pedaging, ayam petelur, itik, puyuh dan unit penetasan), serta sarana penunjang seperti rumah potong ayam dan lahan untuk budi daya hijauan makanan ternak.

Fasilitas-fasilitas ini akan membantu belajar mahasiswa untuk mencapai kompetensi yang disasar.

“Selain laboratorium, Prodi TNK juga memiliki teaching factory (Tefa) ayam broiler dengan kapasitas pemeliharaan 40.000 ekor untuk menunjang kegiatan praktikum mahasiswa yang sesuai dengan dunia industri,” ujarnya.

Beberapa prestasi pernah diraih oleh mahasiswa dan dosen TNK baik di tingkat nasional maupun internasional. Prestasi mahasiswa TNK dalam tiga tahun terakhir antara lain juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) 8th Agricultural Farming System Competition di Institut Teknologi Bandung (ITB) 2023.

Lainnya, penerima pendanaan kegiatan Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM), juara 1 International Student Competition di kegiatan Summer Course Animal Production tahun 2021-2022 dan masih banyak prestasi lainnya.

Adapun prestasi yang pernah diraih dosen TNK antara lain sebagai penerima pendanaan kegiatan Riset Inovatif Produktif (Rispro) Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tahun 2021-2022.

Lainnya, penerima pendanaan kegiatan matching fund perguruan tinggi vokasi tahun 2022 dan 2023, penerima beasiswa studi lanjut dan short course untuk dalam dan luar negeri, Best Research Paper di Universiti Kebangsaan Malaysia 2022 dan beragam prestasi lainnya.

Selain keunggulan dan prestasi Prodi TNK, mengetahui prospek kerja lulusan prodi ini penting khususnya bagi calon mahasiswa. Menurut Danang, sejauh ini segmentasi pekerjaan lulusan TNK IPB University cukup baik.

Lulusan Prodi TNK dapat bekerja di industri peternakan, industri pengolahan hasil ternak, pusat pembibitan ternak, pusat penangkaran hewan, karantina hewan, kebun binatang, koperasi, bahkan instansi pemerintah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6154 seconds (0.1#10.140)