Contoh Teks Eksplanasi Beserta Struktur dan Cirinya, Pelajari Yuk Biar Cakap Membaca

Jum'at, 14 Juli 2023 - 15:44 WIB
loading...
A A A
Sebaliknya, demonstrasi dilakukan oleh warga dari kalangan menengah ke atas, terutama mahasiswa dan intelektual. Hal yang sama terjadi di kasus-kasus demonstrasi di negara lain. Demonstrasi, dalam berbagai skala (besar atau kecil), bukanlah hal yang asing di negara-negara Eropa. Demonstrasi yang dilakukan oleh mereka tentu saja bukan karena kelaparan, karena pada umumnya mereka hidup dalam keadaan yang makmur.

Dengan fakta-fakta semacam itu, jelaslah bahwa kemiskinan bukanlah penyebab utama terjadinya gelombang demonstrasi. Fenomena tersebut lebih disebabkan oleh kemampuan berpikir kritis dari warga masyarakat. Mereka mengetahui hak-hak mereka dan menyadari bahwa terdapat pelanggaran dan penyalahgunaan di sekitar mereka. Oleh karena itu, mereka melakukan protes dan mengajukan sejumlah tuntutan.

Jika faktor-faktor ini tidak ada dalam diri mereka, apa pun yang terjadi di sekitar mereka, mereka akan menjadi pasif dan setuju dengan tindakan pimpinan mereka, meskipun tindakan tersebut menyimpang dan bahkan merugikan diri mereka sendiri.

Penjelasan Struktur:

Teks di atas terdiri dari beberapa paragraf yang menjelaskan tentang akibat dan penyebab maraknya demonstrasi dalam masyarakat. Paragraf pertama, yang merupakan struktur Identifikasi Fenomena, menjelaskan tentang fenomena demonstrasi dan pendapat seorang kepala daerah mengenai penyebab demonstrasi.Kemudian, pada paragraf-paragraf berikutnya, dijelaskan proses terjadinya demonstrasi berdasarkan hubungan sebab-akibat dengan jelas.

Pada paragraf 3-5, penulis menggunakan banyak fakta untuk menjelaskan penyebab atau akibat terjadinya demonstrasi. Paragraf-paragraf ini dapat dikategorikan sebagai struktur Penggambaran Rangkaian Kejadian.

Contoh Teks Eksplanasi 3

Arus Energi

Arus atau aliran energi dimulai dari matahari sebagai sumber utamanya. Energi cahaya matahari masuk ke dalam komponen biotik melalui produsen. Produsen mengubah energi cahaya matahari menjadi energi kimia. Energi kimia mengalir dari produsen ke konsumen pada berbagai tingkat trofik melalui rantai makanan. Organisme menggunakan energi kimia yang mereka peroleh untuk kegiatan hidup mereka.

Setiap organisme memasukkan dan menyimpan energi. Pemasukan dan penyimpanan energi dalam ekosistem disebut produktivitas ekosistem. Produktivitas ekosistem terbagi menjadi dua, yaitu produktivitas primer dan produktivitas sekunder.
Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja. Produsen dan konsumen menggunakan sebagian energi mereka untuk kegiatan hidup seperti pertumbuhan, reproduksi, respirasi, dan sebagainya. Namun, sebagian energi tersebut hilang dalam bentuk panas.

Energi masuk ke dalam komponen biotik melalui produsen. Energi ini disimpan dalam bentuk zat organik yang dapat digunakan sebagai bahan makanan dan disebut produksi primer. Ini adalah ukuran untuk menghitung total aliran energi melalui komponen biotik. Berdasarkan hal ini, kita dapat memperoleh perkiraan jumlah kehidupan yang dapat didukung oleh suatu ekosistem.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1316 seconds (0.1#10.140)