Ini Profil SMA Taruna Nusantara dan SMAT Krida Nusantara, Sekolah Berasrama dan Semimiliter

Senin, 31 Juli 2023 - 12:53 WIB
loading...
A A A
Baca juga: Top 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi Webometrics Edisi Juli 2023, Kampusmu Nomor Berapa?

Jalur Undangan Beasiswa


Pada penerimaan siswa baru SMA Taruna Nusantara 2023, ada jalur beasiswa dengan beberapa syarat seperti:

a. Peraih Medali Olimpiade Sains tingkat Internasional (IJSO, IMO, IPhO, IBO, IChO, IOI, IAO/IOAA, IGeo/IESO, IEO)
b. Peraih medali International Conference of Young Scientists (ICYS)
c. Peraih medali emas atau perak atau perunggu Kompetisi Sains Nasional (KSN) Bidang Matematika atau Bidang IPA atau Bidang IPS SMP/SMA
d. Peraih medali emas Lomba Karya Inovasi Pelajar (LKIP) SMA Taruna Nusantara, juara 1 s.d. juara 5 lomba Matematika Sains dan Bahasa Inggris (MSI) yang diselenggarakan oleh SMA Taruna Nusantara.

Jalur ini membebaskan calon siswa dari seleksi administratif dan akademik namun tetap mengikuri tes kesehatan, wawancara, dan materi seleksi lanjutan.

Fasilitas SMA Taruna Nusantara


SMA Taruna Nusantara adalah sekolah berasrama yang berdiri di lahan seluas 24 hektar. Terdapat 36 ruang kelas reguler multimedia dan perpustakaan online bagi siswanya.

Tersedia juga beragam laboratorium seperti lab fisika, kimia, astronomi, biologi, lab bahasa, komputer, lab IPS hingga green house.

Kurikulum


SMA Taruna Nusantara menyelenggarakan pembelajaran dengan dua kurikulum yaitu Kurikulum Umum yakni Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Khusus Taruna Nusatara.

Kurikulum khusus Taruna Nusantara adalah 3 wawasan untuk mendidik siswanya yaitu Kebangsaan, Kejuangan, serta Kebudayaan dengan dua mata pelajaran wajib adalah Kenusantaraan dan Kepemimpinan serta Bela Negara.

Para siswa juga diberikan kurikulum khusus sebagai tambahan Kurikulum Umum dengan 4 mata kegiatan yaitu Rutin Terjadwal (Jadwal Keseharian), Terprogram, Terproyek, dan Kreatif Mandiri.

SMA Krida Nusantara


SMA Krida Nusantara terletak di Desa Cipadung, Cibiru, Bandung Jawa Barat. Sekolah yang berdiri di lahan seluas 18,7 hektare ini digagas oleh para mantan murid Sekolah Rakyat (SR) Cidadap, Setiabudi, Bandung.

Hingga pada 1989 Yayasan Krida Nusantara berdiri dan para pengagas yayasan ini memiliki cita-cita yang sama yakni mendirikan sebuah lembaga pendidikan berasrama dengan disiplin sebagai landasan.

Pendirian sekolah ini dimulai pada 1994 dan peletakan baru pertamanya diserahkan kepada Pembina Yayasan Krida Nusantara Tuti Sutiawati Try Sutrisno. Pada November 1996, SMA Terpadu Krida Nusantara diresmikan Wapres Try Sutrisno dan Mendikbud Wardiman Djojonegoro.

SMA Krida Nusantara yang terletak di kaki Gunung Manglayan ini berdiri kantor Yayasan Krida Nusantara, TK Terpadu Krida Nusantara, SD Terpadu Krida Nusantara, dan SMA Terpadu Krida Nusantara.

Penerimaan Siswa Baru


Pada penerimaan siswa baru Tahun Pelajaran 2023/2024, syarat akademik nilai raport mata pelajaran Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris adalah minimal 70 dengan nilai rata-rata di setiap semester (Semester 1 s/d 4) minimal 78.

Selain itu juga lulus Tes Akademik, Psikotes, Tes Kesehatan, Tes Wawancara, dan Tes Kesegaran Jasmani (lari, sit-up, push-up)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3041 seconds (0.1#10.140)