5 Jurusan Kuliah yang Bisa Dipilih Jika Ingin Jadi CPNS di Kemenhan

Minggu, 20 Agustus 2023 - 20:35 WIB
loading...
5 Jurusan Kuliah yang Bisa Dipilih Jika Ingin Jadi CPNS di Kemenhan
5 jurusan kuliah yang bisa dipilih jika ingin menjadi CPNS di Kementerian Pertahanan (Kemenhan). Foto/Kemenhan.
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada lima jurusan kuliah yang dibutuhkan Kementerian Pertahanan ( Kemenhan ) ketika pembukaan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun 2021 lalu. Apa saja jurusannya? Berikut ulasannya.

Pada 2021 lalu, Kementerian Pertahanan membuka sekitar lebih dari 200 formasi untuk lulusan SMA hingga doktor. Kebanyakan tenaga ahli yang dibutuhkan adalah ahli kesehatan, seperti dokter spesialis, Kebidanan, dan Keperawatan.

Namun selain menerima ahli di bidang kesehatan, terdapat pula sejumlah jurusan kuliah lain yang dibutuhkan Kemenhan. Di antaranya sebagai berikut.

Baca juga: Arti Gelar Pendidikan Ganjar Pranowo dan Asal Universitasnya

Jurusan Kuliah yang Bisa Masuk Formasi Kemenhan

1. Administrasi Negara


Pada formasi CPNS 2021 lalu, jurusan Administrasi Negara dapat mengisi posisi Pengelola Keuangan, Ahli Pertama Arsiparis, dan Pengadministrasian Keuangan.

2. Manajemen


Jurusan Manajemen ini memiliki sejumlah formasi di Kemenhan pada 2021 lalu, di antaranya seperti Pengelola Keuangan, Ahli Pertama Arsiparis, Ahli Pertama Auditor, Operator Radar, Pengelola Data Sejarah beberapa hingga Pengawas Keselamatan Udara.

3. Hukum

Baca juga: Sejak Kapan Politeknik Ada di Indonesia? Begini Sejarahnya

Sejumlah formasi dalam Kemenhan yang diisi jurusan Hukum tahun lalu adalah Analis Hukum, Penyuluh Hukum, dan Ahli Pertama Perancangan Peraturan Perundang-Undangan.

4. Teknik Informatika


Jurusan Teknik Informatika dalam Kemenhan ini dibutuhkan untuk mengisis posisi IT, seperti Pranata Komputer, Prana Jaringan IPTEK, Operator Telekomunikasi, Teknis Alat Elektro dan Alat Komunikasi, Pengolah Data Intelijen, hingga Operator Sandi dan Telekomunikasi.

5. Teknik Mesin


Teknik Mesin juga mendapat beberapa formasi di Kemenhan pada 2021 lalu, di antaranya, Operator Mesin, Teknisi Pesawat, Analis Kalibrasi Fasilitas Penerbangan, dan Pegawas Keselamatan Udara.

Selain kelima jurusan tersebut, ada pula beberapa jurusan kuliah lain yang dibutuhkan Kemenhan. Di antaranya, Komputer, Akuntansi, Sejarah, Pariwisata, Desain Komunikasi Visual, Farmasi, hingga Fisika Medik.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1237 seconds (0.1#10.140)