Mengenal Spesialis Dokter Gigi dan Pendidikannya, Wajib Tahu!

Selasa, 22 Agustus 2023 - 19:37 WIB
loading...
A A A
Dokter gigi spesialis Periodonsia adalah profesional medis yang mengkhususkan diri dalam bidang periodonti, yang berkaitan dengan kesehatan dan perawatan jaringan penyangga gigi, termasuk gusi dan tulang rahang.

Peran utama seorang Periodontitis adalah untuk mencegah, mendiagnosis, dan mengobati penyakit periodontal serta menjaga kesehatan jaringan penyangga gigi.

Baca juga: Gelar Profesional Kedokteran di Indonesia, Ini Cara Mendapatkan dan Rinciannya

Sama seperti Spesialis Ortodonti, Spesialis Periodonsia juga menempuh masa pendidikan selama 5 semester atau 2,5 tahun setelah meraih gelar Drg.

4. Spesialis Prostodonsia (Sp.Pros)


Prosthodontist adalah spesialis dalam pembuatan dan pemasangan gigi palsu (prostesis), baik sebagian maupun penuh. Mereka juga mengatasi masalah seperti restorasi estetis gigi dan rahang.

Tugas utama seorang Prosthodontist melibatkan diagnosis, perencanaan, dan pengelolaan kasus-kasus yang berkaitan dengan gigi yang hilang atau rusak secara struktural. Selain itu pembuatan veneer, perawatan gangguan sendi rahang dan pemasangan implan gigi juga tugas dari seorang dokter Prostodonsia.

Spesialis Prostodonsia ditempuh selama 5 semester atau setara dengan 2,5 tahun setelah meraih gelar Drg.

5. Spesialis Kedokteran Gigi Anak (SpKGA)


Sebagai seorang Spesialis Kedokteran Gigi Anak, tugas utamanya meliputi perawatan dan pengelolaan kesehatan gigi dan mulut anak-anak, mulai dari bayi hingga remaja. Hal ini dikarenakan perbedaan susunan gigi anak dan orang dewasa.

Selain itu, seorang ahli pedodonti juga akan mengkaji aspek psikologi dan kepribadian anak agar dapat memahami bagaimana berinteraksi dengan anak saat menjalani pemeriksaan oleh seorang dokter gigi khusus anak, sehingga perawatan yang diberikan dapat optimal dan sesuai.

Pendidikan yang ditempuh untuk meraih gelar SpKGA adalah 5 semester atau setara dengan 2,5 tahun setelah meraih gelar Drg.

Baca juga: Tips Jalani Koas di Pendidikan Dokter Biar Lancar, Begini Triknya

6. Spesialis Konservasi Gigi (SpKG)


Spesialis Konservasi Gigi (SpKG) adalah seorang dokter gigi yang telah menjalani pendidikan lanjutan dan pelatihan khusus dalam bidang konservasi gigi. Pendidikan SpKG ditempuh selama 5 semester atau 2,5 tahun.

Konservasi gigi adalah cabang ilmu kedokteran gigi yang berfokus pada pencegahan, diagnosis, perawatan, dan pemeliharaan gigi yang terkena kerusakan atau karies (lubang gigi).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1581 seconds (0.1#10.140)