7 Prospek Kerja Jurusan Teknik Lingkungan yang Banyak Dibutuhkan dan Bergaji Tinggi

Rabu, 23 Agustus 2023 - 09:00 WIB
loading...
7 Prospek Kerja Jurusan Teknik Lingkungan yang Banyak Dibutuhkan dan Bergaji Tinggi
7 prospek kerja jurusan Teknik Lingkungan yang banyak dibutuhkan perusahaan serta gajinya pun tinggi. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Prospek kerja jurusan Teknik Lingkungan memang banyak dibutuhkan dan terbuka luas. Teknik Lingkungan merupakan bidang keilmuan yang mempelajari apa saja tindakan yang dapat dilakukan untuk menyelamatkan lingkungan .

Pada jurusan Teknik Lingkungan akan digali beragam solusi untuk mengatasi isu lingkungan dengan memanfaatkan teknologi canggih. Sebagai contoh, materi kuliah akan mencakup topik seperti penyediaan air bersih, pengembangan sistem pembuangan, dan daur ulang limbah.

Selain itu, topik-topik ini juga akan melibatkan aspek-aspek seperti pengelolaan drainase di lingkungan perkotaan dan pedesaan.

Berikut 7 prospek kerja jurusan Teknik Lingkungan:

Prospek Kerja Jurusan Teknik Lingkungan

1. Konsultan Lingkungan

Mahasiswa lulusan jurusan Teknik Lingkungan bisa memilih profesi sebagai Konsultan Lingkungan di dunia kerja.

Tugas seorang Konsultan Lingkungan melibatkan berbagai tanggung jawab untuk memastikan keberlanjutan lingkungan alam dan dampak positif terhadap masyarakat dan industri.

Selain itu, Konsultan Lingkungan akan menganalisis dampak proyek atau kegiatan tertentu terhadap lingkungan. Ini melibatkan penilaian tentang bagaimana kegiatan tersebut dapat mempengaruhi tanah, air, udara, flora, fauna, dan aspek lingkungan lainnya.

Rentang gaji yang didapatkan dari profesi sebagai Konsultan Lingkungan adalah sebesar Rp5 hingga Rp9 Juta per bulan, nilai ini bisa saja berubah tergantung kebijakan dari perusahaan Anda bekerja.

Baca juga: 67 Gelar Sarjana Berbagai Jurusan Kuliah di Indonesia, Titel Punya Kamu Ada?

2. Water Project Manager


Water Project Manager adalah seorang profesional yang bertanggung jawab untuk mengelola proyek-proyek yang terkait dengan sumber daya air.

Tugas utamanya meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan berbagai proyek yang berkaitan dengan pengelolaan air, seperti proyek penyediaan air minum, pengelolaan sumber daya air, proyek irigasi, pengolahan air limbah, proyek mitigasi banjir, dan lain sebagainya.

Gaji yang akan diterima oleh seorang Water Project Manager mulai dari Rp5 Juta dan jumlahnya akan terus bertambah sesuai dari kinerja, jam terbang dan kebijakan perusahaan.

3. Senior Environmental Engineer


Seorang Senior Environmental Engineer adalah seorang profesional yang memiliki pengalaman dan pengetahuan luas dalam bidang rekayasa lingkungan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1369 seconds (0.1#10.140)