7 Prospek Kerja Jurusan Teknik Lingkungan yang Banyak Dibutuhkan dan Bergaji Tinggi

Rabu, 23 Agustus 2023 - 09:00 WIB
loading...
A A A
Bidang pekerjaan ini akan mendapatkan penghasilan sebesar Rp4 juta hingga Rp8 juta setiap bulannya dan jumlahnya akan terus bertambah sesuai dari kinerja, jam terbang dan kebijakan perusahaan.

6. Environmental Manager


Profesi ini bertanggung jawab atas pengelolaan dan pemantauan isu-isu lingkungan di berbagai jenis organisasi. Peran mereka melibatkan mengidentifikasi, mengurangi, dan mengelola dampak negatif yang diakibatkan oleh operasi organisasi terhadap lingkungan.

Tujuan utama pekerjaan ini adalah memastikan bahwa organisasi beroperasi sesuai dengan peraturan lingkungan yang berlaku dan berkontribusi pada praktik berkelanjutan.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Gelar Dr. rer. nat? Titel Lulusan Bergengsi Kampus Mana?

Selain itu, Environmental Manager akan mengembangkan dan menerapkan rencana strategis untuk mengurangi dampak lingkungan, termasuk mengidentifikasi peluang untuk efisiensi energi, pengurangan limbah, dan penggunaan bahan baku yang berkelanjutan.

Penghasilan yang didapatkan untuk profesi Environmental Manager sekitar Rp9 hingga Rp18 Juta per bulan, dan jumlahnya akan terus bertambah sesuai dari kinerja, jam terbang dan kebijakan perusahaan.

7. Dosen


Jika Anda lulus dari jurusan Teknik Lingkungan tetapi memiliki minat besar di dunia pendidikan, profesi Dosen adalah salah satu jawabannya. Terlebih saat ini jurusan Teknik Lingkungan sudah banyak diminati di dunia pendidikan, maka prospek kerja Dosen terbuka luas.

Kemudian, sebagai Dosen Teknik Lingkungan nantinya dapat memberikan penjelasan mengenai pelbagai mata kuliah yang difokuskan pada teknik lingkungan.

Sebagai awal mengajar, mungkin bisa dilakukan di perguruan tinggi di mana kamu menempuh pendidikan atau di institusi pendidikan lain yang sedang mencari dosen dalam bidang teknik lingkungan.

Namun untuk bisa menjadi dosen, perlu dilakukan pendidikan lanjutan program Magister Teknik Lingkungan. Sebagai seorang dosen akan mendapat penghasilan sekitar Rp5 hingga Rp7 Juta setiap bulannya dan akan terus bertambah sesuai tingkat golongan.

Itulah7 prospek kerja jurusan Teknik Lingkungan dan kisaran gaji yang akan didapatkan. Semoga informasi ini dapat membantu kalian menemukan pekerjaan yang menyenangkan.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1746 seconds (0.1#10.140)