5 Jenis Gelar Hukum Universitas Luar Negeri dan Artinya, Mana yang Paling Bergengsi?

Senin, 28 Agustus 2023 - 15:04 WIB
loading...
5 Jenis Gelar Hukum Universitas Luar Negeri dan Artinya, Mana yang Paling Bergengsi?
Salah satu gelar fakultas Hukum kampus luar negeri yang akrab di Indonesia adalah LL.M (Legum Magister) yang artinya magister hukum.Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini jenis-jenis gelar hukum asing dan artinya. Era globalisasi dan banyaknya peluang beasiswa membuat kesempatan studi hukum ke luar negeri semakin terbuka lebar.

Tetapi, rupanya gelar asing untuk pendidikan tinggi lanjutan di bidang hukum tidak seragam. Apa sajakah gelar-gelar tersebut dan apa artinya? Untuk menjawab hal itu, berikut penjelasannya dalam artikel di bawah ini.

5 Jenis Gelar Hukum Kampus Luar Negeri dan Artinya

1.LL.B


Di banyak negara yang menggunakan sistemcommon law, seperti Eropa dan Jepang, kebanyakan universitas memberikan gelar LL.B. untuk mereka yang berhasil menyelesaikan pendidikan hukum di tingkat sarjana.

Akan tetapi, Amerika Serikat dan Kanada, tidak menggunakan gelar LL.B. meskipun keduanya termasukcommon law. LL.B. sendiri merupakan kependekan dariLegum Baccalaureus,bahasa Latin yang artinya sarjana hukum.

Biasanya, pemegang gelar LL.B. baru bisa berpraktik sebagai advokat jika mereka lulus ujian yang diselenggarakan oleh organisasi advokat di masing-masing negaranya. Khusus di benua Eropa, mereka yang telah memiliki izin dan secara berturut-turut selama tiga tahun berpraktik sebagai advokat di satu negara anggota Uni Eropa, boleh berpraktik pula di negara anggota Uni Eropa lainnya..

Sementara itu, di beberapa negara lainnya gelar LL.B. tidak laku untuk modal mengikuti ujian praktik advokat. Di Malta dan Denmark misalnya, LL.B. yang didapatkan setelah berkuliah tiga tahun, harus dilanjutkan ke jenjang master untuk bisa berpraktik. Tak heran, banyak peraih gelar LL.B. di negara tersebut yang justru berkecimpung dalam ranah ilmu sosial dan humaniora.

2. J.D


J.D. merupakan akronim dariJurisprudentiae Doctoratau biasa disebutJuris Doctoryang artinya guru ilmu hukum. Umumnya, dibutuhkan waktu selama 3-4 tahun untuk dapat mencapai gelar ini. Uniknya, meskipun disebut doktor tetapi sesungguhnya J.D. bukan gelar setingkat doktorat sehingga mereka yang mendapatkan gelar J.D. belum bisa menggunakan gelar Dr.



Sebagaimana dikutip dari websiteHarvard Law School, untuk bisa mengambil program J.D., seseorang disyaratkan untuk memiliki gelar sarjana terlebih dulu. Sebab, J.D. merupakan pendidikan profesi bagi mereka yang ingin berpraktik sebagai advokat. Karenanya, dalam proses mendapatkan gelar ini tidak diperlukan karya tulis seperti tesis.

Gelar JD pertama kali digunakan oleh University of Chicago Law School. Namun, sejak Yale University mengubah gelar akademik bagi sarjana hukumnya dari LL.B. menjadi J.D pada 1971, J.D. pun menjadi gelar standar yang digunakan universitas di negeri Amerika Serikat. Meski umumnya gelar ini digunakan di Amerika Serikat, kini banyak pula negara lain yang mengadopsinya, misal Kanada, Australia, Hong Kong, Filipina, dan Jepang.

3. LL.M


Inilah gelar paling umum yang digunakan universitas-universitas di dunia untuk jenjang master. Biasanya, dicapai setelah menempuh 1-2 tahun masa studi. LL.M. merupakan singkatan dariLegum Magister, bahasa Latin yang artinya magister hukum.

MerujukUniversity of California Berkeley, ada beberapa jenis LL.M.Pertama, ada yang berbasis penelitian sehingga dalam kurikulumnya tidak ada proses belajar-mengajar di kelas. Ada pula yang berbasis kuliah di kelas yang biasanya tidak memerlukan karya tulis untuk lulus. Namun, ada pula yang mengkombinasikannya, melalui proses belajar di kelas dan di akhir masa kuliah membuat penelitian kecil.

4. mr. dan mrs


Gelar mr. umumnya diberikan oleh universitas-universitas di Belanda dan Belgia untuk jenjang master. mr. sendiri merupakan singkatan darimeester in de rechten, bahasa Belanda yang artinya master di bidang hukum. Umumnya gelar ini disematkan bagi mereka laki-laki. Sementara bagi perempuan, biasa pula digunakan singkatan mrs. yang berasal dari kepanjangan dan arti yang sama.



Penulisan gelar mr. maupun mrs. Selalu ditulis dengan huruf kecil. Jangan terkecoh, mr. maupun ms. berbeda dengan kata sapaan dalam bahasa Inggrismisterdanmissus.Namun, kini di Belanda dan Belgia pun sudah banyak universitas yang menggunakan gelar LL.M.

5. J.S.D

J.S.D merupakan singkatan dariJuridicae Scientiae Doctor,bahasa Latin yang artinya doktor ilmu hukum. Ini adalah gelar paling tinggi dalam jenjang pendidikan hukum. Gelar ini setara dengan Ph.D. yang umum diberikan bagi orang yang menyelesaikan disertasi di berbagai disiplin ilmu. Di banyak negara, doktor bidang hukum pun mendapat gelar Ph.D.

J.S.D. banyak digunakan di Amerika Serikat. Untuk dapat mengikuti program yang menawarkan gelar ini, seseorang bisa menggunakan gelar J.D. ataupun LL.B. sebagai modal.

Hanya saja, merujuk websiteStanford Law School, sebelum pendidikan J.S.D. perlu ada pendidikan pra-doktoral yang harus diikuti. Pendidikan tersebut selain sebagai persiapan sekaligus juga seleksi apakah seseorang bisa mengikuti program J.S.D. atau tidak.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1717 seconds (0.1#10.140)