Mengenal SINGA Scholarship, Beasiswa PhD Fully Funded di Singapura

Selasa, 26 September 2023 - 14:04 WIB
loading...
A A A
2. Sedangkan di gelombang kedua akan dibuka pendaftarannya pada 2 Juni sampai 1 Desember.

3. Jadi, tahun 2023 ini, Anda bisa mendaftar untuk gelombang kedua dimana jika diterima maka perkuliahan akan dimulai pada bulan Agustus 2024 mendatang. Deadline pendaftaran sampai 1 Desember 2023.


Cakupan Beasiswa


Seperti yang dijelaskan di awal, program SINGA Scholarship bersifat penuh dengan durasi masa studi (termasuk penelitian) adalah maksimal 4 tahun. Adapun cakupan program beasiswa SINGA adalah sebagai berikut:

1. Biaya Pendidikan


Cakupan yang pertama tentu saja biaya pendidikan. Jadi, para penerima program ini nantinya tidak perlu memikirkan masalah biaya. Mulai dari biaya pendaftaran sampai biaya-biaya lain yang ditetapkan pihak perguruan tinggi dan lembaga penelitian.

2. Biaya Hidup (Tunjangan Bulanan)


Cakupan kedua dalam program beasiswa PhD ini adalah biaya hidup yang disebut Tunjangan Bulanan. Masing-masing penerima program berhak atas tunjangan sebesar S$2.200 (dollar Singapura).

Jumlah ini akan naik menjadi S$2.700 setelah dinyatakan lulus Ujian Kualifikasi. Tunjangan ini diberikan setiap bulan selama masa program, yakni maksimal 4 tahun. Jadi, usahakan lulus Ujian Kualifikasi untuk mendapat tunjangan lebih besar.

3. Tunjangan Tiket Pesawat


Cakupan yang ketiga adalah tunjangan tiket pesawat, artinya ada subsidi pembelian tiket pesawat dari Indonesia menuju ke Singapura di awal kegiatan perkuliahan. Besaran subsidi adalah sampai S$1.500 dan diberikan satu kali.

4. Tunjangan Tinggal di Australia


Komponen atau cakupan biaya yang terakhir adalah tunjangan tinggal di Australia. Yakni sebesar S$1.000 dan diberikan satu kali setelah tiba di Singapura untuk memulai kegiatan perkuliahan dan penelitian.

Kriteria dan Proses Seleksi

Lalu, apa saja kriteria untuk mendapatkan SINGA Scholarship? Meskipun kriteria ini tidak mutlak karena bisa ada kriteria tambahan dari pihak penyelenggara. Namun setidaknya ada 6 kriteria yang perlu diupayakan dipenuhi para pendaftar program beasiswa SINGA, yaitu:

1. Catatan Akademik


Kriteria yang pertama adalah dari catatan akademik yang mengacu pada ijazah dan juga transkrip nilai dari perguruan tinggi di jenjang sebelumnya. Semakin bagus catatan akademik yang dimiliki maka peluang lolos seleksi akan semakin tinggi.

2. Publikasi


Kriteria yang kedua adalah dari publikasi atau publikasi ilmiah. Para pendaftar yang sudah pernah melakukan publikasi ilmiah dan bisa ditelusuri akan dipandang memiliki kesiapan dan kemampuan melakukan penelitian. Sehingga dipandang layak untuk menerima program ini.


3. Rekomendasi dari PT Asal


Dalam aplikasi pendaftaran, para kandidat diwajibkan melampirkan dua surat rekomendasi dari perguruan tinggi dimana jenjang S2 (Master – Magister) ditempuh. Sehingga keberadaan dokumen ini sangat penting untuk bisa lolos seleksi.

4. Pencapaian Pribadi


Kriteria selanjutnya adalah dari pencapaian pribadi. Pencapaian ini bisa di bidang akademik maupun non akademik. Namun, tentu saja akan diutamakan pencapaian di ranah akademik.

5. Semangat dan Kemampuan Melakukan Penelitian


Kriteria yang kelima adalah memiliki semangat dan juga kemampuan melakukan penelitian. Hal ini nantinya akan dilihat dari seluruh dokumen dalam aplikasi pendaftaran serta dalam proses wawancara.

6. Hasil Wawancara


Kriteria yang terakhir tentu saja dari hasil wawancara, dimana para pendaftar akan diuji semangat dan kemampuannya melakukan penelitian. Sehingga bisa diketahui layak tidaknya menerima program beasiswa bergelar PhD di Singapura ini.

Cara Daftar

Tertarik untuk mendaftar di program SINGA Scholarship? Maka bisa segera melakukan pendaftaran, dimana dilakukan secara online melalui laman https://sms-applicant-app.a-star.edu.sg/LoginPage.aspx . Aplikasi pendaftaran mencakup beberapa dokumen berikut sebagai kelengkapan administrasi:

1. Paspor

2. Pasfoto terbaru ukuran paspor dalam format JPEG/PNG

3. Transkrip Akademik Sarjana (dalam terjemahan bahasa Inggris)

4. Sertifikat / Ijazah Sarjana (dalam terjemahan bahasa Inggris) atau surat keterangan dari universitas tentang pendaftaran Anda
jika sertifikat / ijazah sarjana Anda belum diberikan

5. Transkrip Akademik Master (Magister), jika ada (dalam terjemahan bahasa Inggris)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1272 seconds (0.1#10.140)