Implementasikan MBKM, Ini Lima Keuntungan Kuliah di UT

Minggu, 01 Oktober 2023 - 10:43 WIB
loading...
A A A
Pada pelaksanaan MBKM, mahasiswa akan dibimbing oleh pembimbing lapangan dari instansi tempat MBKM. Mahasiswa dapat belajar dan mengeksplorasi dari tempat kegiatan MBKM melalui pembimbing atau melalui bagian lain. Dengan demikian, mahasiswa dapat menimba ilmu dan memiliki pengalaman langsung dari Mitra MBKM.

5. Pengalaman di Luar Kampus Lebih dari Satu Semester
Melalui program MBKM, mahasiswa UT tidak hanya mempelajari mata kuliah yang terdapat pada kurikulum program studinya (prodi). Tetapi juga bisa belajar mata kuliah di luar prodi, bahkan di luar UT hingga ke luar negeri.

Mahasiswa UT bisa mengambil mata kuliah di luar program studi selama satu semester (20 sks), dan berkegiatan di luar perguruan tinggi selama dua semester (40 sks).

Implementasikan MBKM, Ini Lima Keuntungan Kuliah di UT

Ilustrasi Mahasiswi UT yang mendapatkan program MBKM

Nah, melalui MBKM ini tidak hanya mahasiswa UT yang mendapat kesempatan belajar di kampus lain. Mahasiswa perguruan tinggi lain pun dapat mengambil mata kuliah di UT lewat program MBKM.

Mahasiswa UT bisa mengikuti program MBKM yang diselenggarakan oleh Kemendikbud Ristek ataupun yang diselenggarakan oleh UT sendiri. Keduanya sama-sama bertujuan mengembangkan hard skill dan soft skill mahasiswa. Adapun berbagai program MBKM yang tersedia bagi mahasiswa UT antara lain Pertukaran Pelajar, Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM), program Bangkit, program Kampus Mengajar, Magang Bersertifikat, Indonesian International Student Mobility Award (IISMA), program Kewirausahaan, Membangn Desa, pengambilan mata kuliah di Indonesia Cyber Education (ICE) Institute, Studi Independen, dan lainnya.

Sebagai informasi, pada tahun 2023 ini IISMA meloloskan 3 mahasiswa UT, yaitu ke Korea University (Korea Selatan), Padua University (Italy) dan Universiti Malaya (Malaysia). Untuk semester 2023.1 peserta Mahasiswa Merdeka UT diikuti oleh 1.073 mahasiswa yang tersebar pada 23 Program Studi dan di 34 UT Daerah serta 1 di UT Layanan Luar Negeri.

Nah, itulah lima keuntungan kuliah di UT yang menerapkan MBKM bagi mahasiswanya. Dengan program MBKM yang diterapkan UT, diharapkan akan menciptakan mahasiswa yang kaya akan pengetahuan, berwawasan luas, dan memiliki kompetensi yang diperlukan oleh Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) dan masyarakat.

Ayo kuliah di Universitas Terbuka, pendaftaran mahasiswa baru masa 2023 Genap akan mulai dibuka pada bulan Oktober. Calon mahasiswa dapat mendaftar online admisi-sia.ut.ac.id , atau untuk informasi lebih jelas silahkan ke Contact Center Universitas Terbuka pada 1500024 atau kunjungi website www.ut.ac.id .
(dsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1488 seconds (0.1#10.140)