10 Jurusan yang Banyak Diincar Kementerian Keuangan di PPPK 2023, Berapa Gajinya?

Kamis, 26 Oktober 2023 - 12:12 WIB
loading...
10 Jurusan yang Banyak Diincar Kementerian Keuangan di PPPK 2023, Berapa Gajinya?
10 jurusan kuliah yang banyak diincar Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk menambah wawasan kalian. Foto/MPI/Aldhi Chandra.
A A A
JAKARTA - Jurusan kuliah yang banyak diincar di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bisa dijadikan panduan untuk rekrutmen aparatur negara di tahun-tahun berikutnya.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) merupakan salah satu kementerian di bawah Presiden yang mengurusi penganggaran negara, penerimaan negara bukan pajak, kepabeanan dan cukai, perbendaharaan negara, kekayaan negara, perimbangan keuangan dan pengelolaan, pembiayaan serta risiko keuangan negara.

Bisa dibilang jika melihat salah satu fungsi Kemenkeu maka yang menjadi anggapan banyak orang, jurusan yang banyak dibutuhkan adalah dari bidang ekonomi.

Baca juga: 4 Jurusan Kuliah Potensial Bekerja di PT Freeport, Tak Melulu Teknik

Namun ada sejumlah jurusan yang juga banyak diincar oleh Kemenkeu, terlebih pada seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2023 kemarin. Berikut ulasannya.

10 Jurusan Kuliah yang Banyak Diincar Kementerian Keuangan

1. Hubungan Internasional


Meski menjadi kementerian yang membidangi urusan keuangan dan kekayaan negara namun Kemenkeu juga membutuhkan jurusan soshum seperti Hubungan Internasional.

Pada seleksi PPPK 2023, jurusan Hubungan Internasional dibutuhkan sebanyak 6 formasi untuk penempatan di Sekretariat Jenderal (Setjen) sebagai Pranata Hubungan Masyarakat. Gajinya lulusan Hubungan Internasional di posisi ini antara Rp7,8 hingga Rp10 Juta.

2. Ilmu Komunikasi/Manajemen Komunikasi


Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara (DJPb) membutuhkan 23 lulusan jurusan Ilmu Komunikasi/Manajemen Komunikasi pada PPPK 2023 untuk mengisi jabatan Pranata Hubungan Masyarakat. Gajinya antara Rp7,8 hingga Rp10 Juta.

3. Manajemen Informatika


Jurusan Manajemen Informatika ialah jurusan yang mempelajari mengenai teori teknologi informasi serta penggunaan teknologi informasi untuk kebutuhan manajemen perusahaan atau organisasi.

Baca juga: 3 Jurusan Kuliah Mahfud MD dari S1 hingga S3, Satu Almamater Denganmu?

Jurusan ini banyak diincar di PPPK 2023 Kemenkeu untuk mengisi 53 formasi pada Sekretariat Jenderal Kemenkeu sebagai Ahli-Pertama Pranata Komputer dengan gaji Rp8,1 hingga Rp10 juta.

4. Sistem Informasi


Jurusan ini merupakan paduan bidang manajemen dengan teknologi komputer. Fokusnya pada perancangan, pengembangan, dan implementasi sistem informasi.

Lulusan dari Sistem Informasi dibuka untuk 33 formasi pada PPPK 2023 di Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara (DJPb) dengan masa kerja selama 5 tahun dengan gaji Rp8,1 hingga Rp10 juta.

5. Teknik Informatika


Meski persaingannya terbilang ketat namun jurusan ini sudah menjadi favorit mahasiswa dari tahun ke tahun. Mahasiswanya mempelajari ilmu komputer dan analisis matematika dalam perancangan, pengujian, pengembangan, evaluasi sistem operasi, software, dan kinerja komputer.

Lulusan Teknik Informatika dibutuhkan Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR), DJPb, juga Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) sebagai Ahli Pertama-Pranata Komputer dengan masa kerja selama lima tahun dengan gaji Rp8,1 hingga Rp10 juta.

6. Ilmu Komputer


Tidak bisa dimungkiri di era digital seperti saat ini jurusan Ilmu Komputer sangatlah dibutuhkan untuk pekerjaan di segala bidang. Jurusan Ilmu Komputer mempelajari mulai dari pemrograman komputer, struktur dan data algoritma, sistem operasi, jaringan dan keamanan jaringan, rekayasa perangkat lunak, hingga komputasi awan.

Di PPPK 2023, lulusan Ilmu Komputer dicari di Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dan Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) sebagai Pranata Komputer dengan masa kerja lima tahun dengan gaji Rp8,1 hingga Rp10 juta.

7. Sains Data


Sains Data merupakan ilmu multidisipliner. Sains Data adalah ilmu terapan yang secara khusus mempelajarai dan menganalisa data. Big data dan era digital merupakan dua kata kunci mengapa jurusan ini penting.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2200 seconds (0.1#10.140)