Pengertian Teks Cerita Sejarah, Ciri, Struktur, dan Contohnya

Jum'at, 08 Desember 2023 - 08:30 WIB
loading...
A A A
Pada 1942, selama Perang Dunia II, Jepang berhasil menduduki wilayah Indonesia yang sebelumnya dikuasai Belanda. Meskipun kedatangan Jepang membawa perubahan besar, namun juga memicu semangat perlawanan rakyat Indonesia. Setelah Jepang menyerah pada tahun 1945, terjadi kekosongan kekuasaan yang dimanfaatkan oleh para pemimpin Indonesia untuk menyatakan kemerdekaan.

Peristiwa 4

Tanggal 17 Agustus 1945, Soekarno dan Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia di Jakarta. Namun, perjuangan belum selesai. Belanda yang ingin menguasai kembali wilayah jajahannya menolak mengakui kemerdekaan Indonesia. Ini memicu Perang Kemerdekaan Indonesia yang berlangsung hingga tahun 1949, ketika Belanda akhirnya mengakui kedaulatan Indonesia.

Reorientasi

Proklamasi kemerdekaan dan perjuangan panjang ini menandai pembentukan Republik Indonesia yang merdeka. Perjalanan menuju kemerdekaan ini membutuhkan pengorbanan besar, tetapi berhasil menciptakan negara yang beraneka ragam, bersatu dalam Bhinneka Tunggal Ika, berlandaskan Pancasila.

MG/Vina Karlameta Suhandi
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1190 seconds (0.1#10.140)