Selama Pandemi, Ciptakan Pendidikan Menyenangkan bagi Anak di Rumah

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 08:14 WIB
loading...
A A A
Belajar daring dalam jangka waktu panjang pun di rumah bukan masalah. Kak Seto menyebut dari hasil penelitian yang dilakukannya, kedekatan antara anak dengan orang tua sangat berpengaruh pada prestasi akademik siswa. “Justru pendidikan yang sebenar-benarnya itu yang seperti ini, belajar untuk hidup, buat apa akademik bagus tapi ternyata anak kena narkoba,” ucapnya.

Sistem home schooling, menurut dia, selain membentuk karakter anak berkembang baik, juga membuat mereka jadi kreatif, jujur, disiplin, dan pandai berteman. “Tapi di sisi lain nilai akademiknya juga bagus. Banyak anak didik yang diterima di universitas unggulan Indonesia seperti UGM, UI, Unhas. Bahkan ada yang masuk Harvard,” jelasnya.

Di masa pandemi ini Kak Seto juga mengajar mahasiswa, yakni di Universitas Gunadarma. Kepada mahasiswa Kak Seto juga menekankan bahwa sumber belajar bisa di mana saja. Dia hanya memberi standar kompetensi dasar saja, selebihnya mahasiswa diminta mencari sendiri, entah melalui jurnal atau dari hasil diskusi. (Lihat videonya: Aksi Begal Asusila di Padang, Korban Mengalami Trauma)

“Ternyata dengan itu mahasiswa justru lebih kreatif. Itu pula yang kami berlakukan kepada homeschooler kami selama 13 tahun ini,” tandasnya. (Bakti)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1505 seconds (0.1#10.140)