Sinergi untuk Tingkatkan Kelola Kampus Hijau yang Berkelanjutan

Selasa, 30 April 2024 - 20:43 WIB
loading...
Sinergi untuk Tingkatkan Kelola Kampus Hijau yang Berkelanjutan
Foto: Doc. Istimewa
A A A
PLN Icon Plus melakukan kolaborasi dengan Universitas Muhammadiyah Bogor Raya (UMBARA) melalui penandatanganan Nota Kesepahaman tentang kerja sama dalam pengembangan digitalisasi kampus serta implementasi konsep Smart and Green Campus yang dilaksanakan pada 29 April 2024 di Bogor, Jawa Barat.

Hal ini dilakukan untuk mendukung komitmen yang telah diusung Universitas Muhammadiyah Bogor Raya (UMBARA) dalan meningkatkan pengelolaan kampus hijau berkelanjutan.

Turut hadir pada kesempatan ini PJ Bupati Kabupaten Bogor Asmawa Tosepu, Rektor UMBARA Edi Sukardi, beserta Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi dan Direktur Bisnis Konektivitas PLN Icon Plus Sigit Witjaksono.

Kerja sama ini bertujuan bukan hanya memperkuat ekosistem hijau dalam bidang pendidikan yang berkelanjutan, tetapi juga menandai perluasan kapasitas kedua belah pihak dalam menyongsong era digitalisasi dan energi hijau.

PLN Icon Plus, sebagai subholding Beyond kWh PT PLN (Persero) yang fokus pada penyediaan infrastruktur ekosistem hijau dan jaringan telekomunikasi, memberikan dukungan dalam mengimplementasikan teknologi cerdas dan hijau yang berkelanjutan di bidang pendidikan.

Dengan infrastruktur dan solusi inovatif, PLN Icon Plus bersama UMBARA sepakat untuk menciptakan lingkungan pendidikan dan mengembangkan campus yang lebih baik.

Dalam hal ini PLN Icon Plus berperan dalam mendukung implementasi konsep Smart and Green Campus yang mengintegrasikan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) dan solusi pintar guna meningkatkan efisiensi, kenyamanan, serta keamanan di lingkungan kampus.

Inovasi PLN Icon Plus selain penyediaan infrastruktur internet, multimedia, termasuk juga pada pemanfaatan Internet of Things (IoT), panel surya (PV), sistem manajemen energi (EMS), perangkat lunak, serta ekosistem kendaraan listrik (EV).

Selain itu, PLN Icon Plus juga mengembangkan super-apps PLN Mobile untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan. Inisiatif ini sejalan dengan komitmen UMBARA untuk menjadi pelopor dalam pencegahan pemanasan global, yang terwujud dalam konsep “Smart and Green Campus”.

“Kami percaya bahwa pendidikan dan teknologi dapat berjalan seiring dalam menciptakan masa depan yang lebih hijau dan cerdas. Dukungan PLN Icon Plus dalam hal ini tidak hanya memperkuat infrastruktur ekosistem hijau di lingkungan kami,tetapi juga memperkaya pengalaman belajar mahasiswa dengan teknologi terkini," ujar Rektor UMBARA, Dr. Edi Sukardi M.Pd pada sambutannya saat itu.

Adapun untuk masalah terkait implementasi dan pengembangan dari inisiatif ini juga disambut baik oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor dan diharapkan dapat menjadi kekuatan utama dalam mencapai visi masa depan pendidikan Indonesia yang lebih hijau, melalui peningkatan kualitas pendidikan yang didukung oleh inovasi dan ekosistem hijau yang berkelanjutan.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2413 seconds (0.1#10.140)