Cerita Asrul, Bikin Bangga Mendiang Orang Tua karena Lulus dari Unair dengan KIP Kuliah

Selasa, 18 Juni 2024 - 13:22 WIB
loading...
Cerita Asrul, Bikin...
Ini adalah cerita wisudawan Universitas Airlangga (Unair) Asrul Rochim. Foto/Unair.
A A A
JAKARTA - Ini adalah cerita wisudawan Universitas Airlangga (Unair) Asrul Rochim. Asrul adalah penerima KIP Kuliah yang baru saja lulus dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unair.

Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah adalah bantuan pembiayaan pendidikan dari Kemendikbudristek ke mahasiswa yang kuliah di PTN dan PTS.

Baca juga: Dulu Terkendala Biaya, KIP Kuliah Wujudkan Mimpi Aby dan Tunjung Lolos IISMA

KIP Kuliah dulunya bernama Beasiswa Bidikmisi yang hingga 2024 ini sudah tersalurkan bantuan untuk melanjutkan pendidikan bagi 200 ribu mahasiswa.

Fokus penyaluran KIP Kuliah adalah calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu. Asrul Rochim yang memiliki keterbatasan finansial ini adalah salah satu penerimanya.

Baca juga: Kisah Roy, 17 Kali Gagal Masuk Fakultas Kedokteran Kini Jadi Wisudawan Berprestasi Unair

Asrul bercerita, ayah dan ibunya saat ini telah meninggal dunia. Dulu ayahnya hanya seorang tukang tambal ban dengan penghasilan tidak menentu. Sedangkan ibunya hanya ibu rumah tangga yang kala itu sedang sakit.

“Ayah saya tukang tambal ban di pinggir jalan. Ibu saya ibu rumah tangga dan saat itu sedang sakit. Saat ini keduanya telah meninggal dunia,” ucap Asrul, dikutip dari laman Unair, Selasa (18/6/2024).

Baca juga: Unesa-UNP Terdepan, Ini 20 PTN Penerima Peserta KIP Kuliah Terbanyak di UTBK-SNBT 2024

Kedua mendiang orang tuanya memang ingin Asrul meraih cita-cita setinggi langit. Sadar dengan kemampuan orang tuanya, ia pun bertekad kuliah melalui jalur nasional dengan pendanaan dari pemerintah.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5052 seconds (0.1#10.140)