PPM Manajemen Hadirkan Strategic Workforce Planning, Ini Urgensi dan Manfaatnya

Selasa, 25 Juni 2024 - 12:51 WIB
loading...
PPM Manajemen Hadirkan...
PPM Manajemen saat ini melalui Divisi Riset dan Konsultansi menghadirkan solusi yang tepat guna berupa Strategic Workforce Planning (SWP). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kabar gembira bagi perusahaan yang ingin meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasional perusahaan. PPM Manajemen melalui Divisi Riset dan Konsultansi menghadirkan solusi yang tepat guna berupa Strategic Workforce Planning (SWP).

“SWP adalah sebuah pendekatan komprehensif yang memungkinkan perusahaan mengantisipasi kebutuhan tenaga kerja di masa depan dan merencanakan sumber daya manusia sesuai dengan tujuan bisnis jangka panjang,” kata Kepala Divisi Riset dan Konsultansi PPM Manajemen, Alphieza Syam, kepada pers, Selasa (25/6/3024).

Alphieza menjelaskan, SWP adalah proses sistematis untuk memastikan organisasi memiliki tenaga kerja tepat dengan keterampilan dan kompetensi yang sesuai, serta tersedia pada waktu yang tepat untuk mencapai tujuan strategis perusahaan.

"SWP melibatkan identifikasi kebutuhan tenaga kerja di masa depan, analisis kesenjangan antara kondisi saat ini dan kebutuhan masa depan, serta pengembangan strategi untuk menutup kesenjangan tersebut," kata Alphieza.

SWP pada dasarnya diterapkan di perusahaan dengan tujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasional perusahaan. Beberapa manfaat utama dari SWP tersebut antara lain peningkatan Produktivitas: Menyelaraskan kemampuan tenaga kerja dengan tujuan bisnis, adaptasi cepat terhadap perubahan pasar sehingga memungkinkan perusahaan merespons dinamika pasar dengan lebih gesit.



“Dengan perencanaan tenaga kerja strategis, perusahaan dapat mengurangi risiko kekurangan atau kelebihan tenaga kerja, memastikan ketersediaan tenaga terampil yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan bisnis,” tambahnya.

Proses SWP melibatkan berbagai pihak dalam perusahaan, mulai dari divisi sumber daya manusia, pimpinan unit bisnis, hingga manajemen puncak.

Alphieza menekankan pentingnya kolaborasi lintas fungsi atau unit kerja untuk memperoleh pemahaman menyeluruh tentang kebutuhan tenaga kerja dan memastikan strategi yang dikembangkan selaras dengan tujuan bisnis perusahaan.

"Perencanaan tenaga kerja yang strategis adalah kunci untuk menjaga daya saing perusahaan. Dengan bermitra bersama PPM Manajemen, perusahaan dapat memanfaatkan keahlian dan pengalaman kami dalam merancang dan mengimplementasikan SWP yang efektif," jelasnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2633 seconds (0.1#10.140)