Cerita Wayan, Anak Penjual Telur Keliling dari Bali Diterima di UGM Tanpa Tes

Kamis, 27 Juni 2024 - 07:27 WIB
loading...
A A A
Wayan masih ingat, saat hari pengumuman SNBP, ia sempat menyembunyikan berita gembira tersebut untuk disampaikan pada kedua orang tuanya.

Baru keesokan harinya dirinya memberanikan diri menyampaikan hal itu saat menunggu Ibunya selesai memasak di dapur dan ayah baru bersantai di teras setelah membersihkan telur-telur dagangan nya. Wayan mengajak kedua orang tuanya duduk di atas dipan di ruang tengah.

Ayahnya pun mengucap syukur ketika tahu anaknya diterima di UGM. Namun Ni Luh terdiam agak lama. Wayan menduga ibunya kepikiran soal biaya. “Mungkin dalam hati beliau senang juga. Saya bilang, mumpung lagi registrasi saya, saya pakai yang KIP-Kuliah,” kata Wayan meyakinkan.

Keluarga Wayan Sudiatmaja mengontrak di rumah bedeng ukuran 5Ă—7 meter persegi dengan dinding berdempetan dengan penghuni kontrakan lain. Lokasi rumahnya berada di salah satu gang sempit hanya berjarak kurang dari 10 meter dari jalan raya Candidasa, Karangasem, Bali.

Sehari-hari Ayahnya menjadi pedagang telur keliling di pasar hingga warung-warung kelontong dan restoran di sepanjang jalan di Karangasem. Telur dagangnya diambil dari pemilik kandang ayam petelur yang berada 3 kilometer dari rumahnya.

Dalam seminggu ia bisa mengambil telur dari kandang. sebanyak 25 karpet. Telur-telur tersebut lalu dibawah ke rumahnya untuk dibersihkan dan disusun rapi kembali di wadah karpet.
Jika laku, setiap karpet telur ia mendapat untung sebesar Rp3000 rupiah. “Kalau dihitung bersih rata-rata dapat Rp1,5 juta rupiah sampai Rp1,8 juta,” katanya.

Menjadi penjual telur keliling, kata Nengah berangkat dari masukan anak bungsunya yang meminta untuk menjadi pedagang setelah mencoba beberapa kali ganti pekerjaan dari jadi buruh pengrajin bambu, tenaga security, hingga kuli bangunan.

Saat pertama berjualan telur, Nengah mengaku ia dan istrinya mencoba berjualan telur ayam di pinggir jualan dengan mengambil beberapa karpet telur.

“Waktu itu ada bule lewat, beli lima tapi dia bayar Rp50 ribu. Saya jadi semangat untuk berjualan,” kenangnya.

Nazar Sang Ibunda


Selain dari penghasilan dari berjualan telur, keluarga ini juga mengandalkan dari pekerjaan sang ibu yang menjadi pengrajin tenun kain gringsing. Untuk satu kain dikerjakan sekitar 1 hingga 1,5 bulan tergantung dari ukuran kain yang dipesan. “Untuk satu kain, saya dapat 600 ribu rupiah,” kata Ni Luh.

Penghasilan dari berjualan telur dan menjadi pengrajin tenun, bagi Ni Luh sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari dan membayar kontrakan.

Karenanya tidak terbesit dibenaknya untuk menguliahkan Wayan ke universitas. Yang terpikirkan olehnya adalah besarnya biaya yang harus mereka keluarkan nantinya.

Meski berat untuk melepaskan anak mendaftarkan kuliah di Jawa, namun Ni LUh mengaku dirinya luluh saat melihat kegigihan anak sulungya tersebut. Yang bisa ia lakukan adalah dengan berdoa di setiap waktu sembahyang.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1275 seconds (0.1#10.140)
pixels