Ikut Penilaian UI GreenMetric, UT Kejar Target SDGs dan WCU

Kamis, 11 Juli 2024 - 17:35 WIB
loading...
A A A
Berbagai program telah dilaksanakan baik di UT Pusat maupun di UT Daerah, termasuk pengurangan penggunaan kertas, penanaman pohon langka, pembangunan danau buatan, pengelolaan sampah, pembuatan biopori, penggunaan energi baru terbarukan, dan pengembangan eco building.

Program UT Go Green ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran serta kepedulian pegawai dan mahasiswa untuk turut berpartisipasi dan bertanggung jawab dalam pelestarian dan penyelamatan lingkungan hidup dengan mengurangi penyebab
kerusakan lingkungan.

Baca juga: 10 Universitas Terbaik Dunia Versi UI GreenMetric 2023, Juaranya Kampus Hijau

UT telah membentuk tim Gugus Tugas UT Green SDGS , untuk mengawal dan mengoordinasikan program-program yang berorientasi SDGs, sebagaimana tercantum dalam Renstra UTGU 2022-2025.

Untuk mempercepat implementasi program-program UTGU yang berorientasi SDGs yang sekaligus juga merupakan bagian perwujudan UT sebagai WCU, berbagai koordinasi dan kerja sama dengan berbagai pihak eksternal UT telah dilakukan.

UT telah secara aktif mengikuti penilaian kampus hijau (green campus) oleh UI GreenMetric sejak 2011. Pada tahun 2023, UT menduduki peringkat ke-46 secara nasional dan ke-513 secara internasional, menunjukkan peningkatan dari tahun sebelumnya. Dalam rangka upaya peningkatan capaian UT dalam UI GreenMetric 2024, UT menggandeng UI GreenMetric untuk melakukan kegiatan pendampingan.

Ketua UI GreenMetric Prof Riri Fitri Sari menyampaikan selamat kepada UT yang sudah menyelesaikan asesmen UI GreenMetric Trees Rating. "Berdasarkan enam indikator UI GreenMetric UT mendapatkan 3,5 trees. Trees rating ini sama halnya peringkat yang diberikan kepada hotel berbintang 1 sampai 5," katanya.

Menurutnya, UT telah menerapkan dengan baik semua indikator UI GreenMetric sebagai penilaian standar perguruan tinggi kelas dunia. Dia mengapresiasi UT yang telah memiliki fasilitas yang canggih dan lengkap demi mendukung isu keberlanjutan dan green campus.

"Tidak semua perguruan tinggi mempunyai fasilitas yang secanggih dan selengkap UT dan ini adalah harapan besar kita semua bahwa akses terhadap pendidikan yang berkualitas dan konsep sustainability itu dapat diterapkan," pungkasnya.
(nnz)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1630 seconds (0.1#10.140)