5 Alasan Jurusan Bahasa, IPA, dan IPS di SMA Dihapus, Dampak Kurikulum Merdeka?

Kamis, 18 Juli 2024 - 14:07 WIB
loading...
5 Alasan Jurusan Bahasa,...
Jurusan Bahasa, IPA, dan IPS akan resmi dihapus mulai tahun ajaran baru 2024/2025. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Jurusan Bahasa, IPA, dan IPS akan resmi dihapus mulai tahun ajaran baru 2024/2025. Sederet alasan melatarbelakangi peniadaan sistem penjurusan di SMA tersebut.

Penjurusan di jenjang SMA, baik itu Bahasa, IPA, dan IPS kadang bisa menuai perdebatan mana jurusan yang lebih baik. Perdebatan ini pun akan membuat bingung calon siswa atau bahkan orang tua dalam menentukan jurusan di sekolah.

Baca juga: Kemendikbud Hapus Penjurusan IPA, IPS, dan Bahasa, Apa Alasannya?

Namun era Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim menawarkan kurikulum yang dinilai lebih fleksibel dan memerdekakakan murid dan siswa di sekolah.

Programnya dinamakan Kurikulum Merdeka yang sebagai efeknya adalah kini murid tidak lagi dikotak-kotakkan ke dalam jurusan Bahasa, IPA, ataupun IPS.

Baca juga: Apakah Masuk Unhan Harus dari Jurusan IPA? yang Pasti Kuliahnya Gratis

5 Alasan Jurusan Bahasa, IPA, dan IPS Dihapus


Sejatinya, jurusan Bahasa, IPA, dan IPS sudah dihapus secara bertahap sejak 2021. Kepala Badan Standar Nasional Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek Anindito Aditomo memberikan penjelasan.

1. Munculnya Kurikulum Merdeka


Peniadaan ketiga jurusan bagi siswa yang berseragam putih abu-abu ini bukan dilakukan secara tiba-tiba. Nino, panggilan akrab Kepala BSKAP menjelaskan, jurusan Bahasa, IPA, dan IPS dihapus sejak 2021. Hal ini merupakan bagian dari Implementasi Kurikulum Merdeka.

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah IPS Prospek Kerja Bagus di Era 5.0, Ada Prodi Tujuanmu?

2. Lebih dari 95 Persen Sekolah Menerapkan Kurikulum Merdeka


Nino menyampaikan, pada 2022, sekitar 50 persen sekolah sudah menerapkan Kurikulum Merdeka. Kemudian pada 2024 ini tingkat penerapan Kurikulum Merdeka sudah mencapai 90-95 persen mulai SD hingga SMA.

3. Dihapusnya Jurusan Memberi Keleluasaan Lebih Bagi Siswa


"Pada kelas 11 dan 12 SMA, murid yang sekolahnya menggunakan Kurikulum Merdeka dapat memilih mata pelajaran secara lebih leluasa sesuai minat, bakat, kemampuan dan aspirasi studi lanjut atau karirnya,"kata Nino dalam keterangannya, Kamis (18/7/2024).

Baca juga: Ini Jurusan Kuliah IPS Jarang Diminati Tapi Punya Prospek Kerja Menjanjikan Bagi Lulusannya

Misal jika ada siswa yang ingin kuliah jurusan teknik maka bisa menggunakan mapel pilihan matematika dan fisika, tanpa harus mengambil mapel biologi.

Bagi calon mahasiswa kedokteran pun bisa menggunakan jam pelajaran pilihannya untuk mapel biologi dan kimia tanpa diwajibkan mengampil matematika tingkat lanjut.

4. Privilege Jurusan IPA


Menurut Nino, Kemendikbudristek ingin murid bisa lebih fokus membangun pengetahuan yang relevan untuk minat dan studi lanjut.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5418 seconds (0.1#10.140)