Cara Belajar Nurul, Peraih IPK 4.00 Program S2 UGM dari Fakultas Farmasi

Rabu, 31 Juli 2024 - 15:55 WIB
loading...
A A A
Penelitian yang dilakukan lebih ke arah membandingkan penggunaan antibiotik seftriakson/azitromisin dan levofloxacin. Kedua jenis obat ini digunakan dalam proses penyembuhan pasien pneumonia.

Kombinasi seftriakson/azitromisin menyebabkan durasi penggunaan antibiotik yang lebih lama, efek samping yang mengancam jiwa yaitu prolonged QT interval, dan biaya tambahan sebesar Rp1.114.926,54 untuk mendapatkan satu persen kesembuhan dibandingkan levofloksasin tunggal.

“Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan luaran klinis yang signifikan antara keduanya,” pungkasnya.

Menurutnya, tambahan biaya dan efek penyembuhan yang tidak menunjukkan perbedaan signifikan menjadi peluang untuk meningkatkan efisiensi pengobatan bagi pasien pneumonia. Harapannya, hal ini dapat mengurangi pembiayaan yang harus ditanggung rumah sakit dan pasien, sehingga probabilitas kesembuhan dapat ditingkatkan.

Cara Belajar Nurul


Nurul menuturkan, mengenali metode belajar dan dosen yang tepat adalah dua hal penting dalam proses belajar yang ia terapkan selama menempuh kuliah.

Strategi ini akan membantu proses belajar agar lebih fokus pada kompetensi yang ingin dicapai. “Jangan terfokus pada pencapaian orang lain. Fokuslah pada yang kamu kerjakan saat ini,” pesan Nurul.

Selain kedua itu, menurut Nurul, kunci suksesnya adalah rajin membaca referensi, mengatur waktu dengan baik, serta membentuk kelompok belajar dengan sesama mahasiswa yang sudah bekerja.

Selama berkuliah, Nurul juga aktif bergabung dalam penelitian disertasi dan asisten praktikum. Meski pekerjaannya sebagai asisten praktikum terkadang membuat dirinya kewalahan, namun tidak menghambat motivasinya untuk menyelesaikan kuliah tepat waktu.

“Tantangan tersebut justru membuat saya belajar memanajemen waktu dengan efektif,” ucapnya.

Ingin Jadi Dosen


Ditanya soal rencana masa depan kariernya setelah lulus S2, perempuan kelahiran Banjarmasin, 23 November 1998 ini mengungkapkan cita-citanya menjadi dosen di bidang farmasi klinik.

Kecintaannya pada bidang tersebut membuatnya sering mengikuti aktivitas lain di luar kelas kuliah untuk memperdalam ilmu farmasi.
(nnz)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1003 seconds (0.1#10.140)