HUT ke-63 Pramuka, Buwas Ajak Anggota Berkiprah Menjaga Persatuan

Rabu, 14 Agustus 2024 - 08:43 WIB
loading...
HUT ke-63 Pramuka, Buwas...
Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen. Pol. (Purn.) Budi Waseso (Buwas). Foto/MPI/Binti Mufarida.
A A A
JAKARTA - Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka , Komjen. Pol. (Purn.) Budi Waseso (Buwas) mengajak seluruh anggota Gerakan Pramuka untuk menjaga persatuan dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-63 Tahun 2024 di Lapangan Utama Bumi Perkemahan, Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (14/8/2024).

"Hari ini dalam peringatan buat Pramuka ke-63 yang digelar di Bumi Perkemahan Cibubur. Ya hari ini kita melaksanakan kegiatan memperingati hari Pramuka ke-63. Dengan tema adalah Pramuka berjiwa Pancasila menjaga persatuan-persatuan negara Republik Indonesia," ujar Buwas kepada awak media.

Baca juga: Sejarah Hari Pramuka Diperingati Setiap 14 Agustus, Simak Ya

Pada kesempatan itu, Buwas juga menceritakan sejarah Pramuka yang sejak dulu oleh Presiden pertama Soekarno, menjadikan Pancasila sebagai dasar.

"Nah ini kalau Pramuka sebagai manusia Pancasila itu kan memang sudah dasarnya Pramuka Pancasila. Dan sejarah Pramuka dari 1961 itu adalah berdirinya Pramuka dari dulu banyak pandu-pandu dijadikan satu oleh Pak Presiden Soekarno. Dan diberikan tanggal 14 Agustus 1961 itu diberikan oleh Pak Soekarno adalah pataka," kata Buwas.

Baca juga: Diperingati Hari Ini, Berikut Naskah Sambutan Upacara Hari Pramuka 2024

"Nah yang punya pataka itu hanya ada tiga di negara ini. TNI, Polri, dan Pramuka. Nah begitu besarnya penghargaan negara karena Pramuka itu didirikan oleh negara dan diinginkan oleh negara," tambahnya.

Buwas pun mengatakan bahwa Pramuka punya andil-andil besar kepada negara bangsa. "Ya sampai sekarang usia ke-63. Nah sekarang bagaimana Pramuka tetap eksis dalam mewujudkan karakter generasi muda."

Baca juga: Peringatan Hari Pramuka 14 Agustus, Ini 7 Ide Kegiatan Kreatif yang Meriah dan Bermakna

"Ya yang berjiwa Pancasila, punya integritas. Nah ini memang harus ditanamkan dari sedini mungkin ya. Dan tentunya negara Republik Indonesia ini ke depan akan dipimpin oleh generasi-generasi muda yang berkualitas," kata Buwas.

Buwas berharap Pramuka terus bisa berkiprah untuk generasi muda. "Karena bagaimanapun pendidikan generasi muda, ya tentang ideologi maupun karakter tadi itu adalah merupakan investasi atau ya manifestasi kewujudan dari investasi bangsa ini ya melalui generasi muda. Jadi 2045 ini tahun generasi emas, kemerdekaan Indonesia ke 100 tahun," pungkasnya.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1672 seconds (0.1#10.140)