6 Tips Penting untuk Mahasiswa Baru, Punya Manajemen Waktu Salah Satunya

Minggu, 18 Agustus 2024 - 14:00 WIB
loading...
6 Tips Penting untuk...
Menjadi mahasiswa baru menjadi momen menyenangkan sekaligus banyak tantangan di dunia perguruan tinggi.Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 6 tips penting untuk mahasiswa baru tahun ajaran 2024/2025. Menjadi mahasiswa baru menjadi momen menyenangkan sekaligus banyak tantangan di dunia perguruan tinggi. Untuk membantu melewati tahun pertama dengan sukses, artikel berikut akan membagikan 6 tips penting yang harus diketahui oleh setiap mahasiswa baru, simak ya!

6 Tips Penting untuk Mahasiswa Baru


1. Buat Rencana Semester


Memiliki rencana yang jelas untuk setiap semester sangat penting untuk menghindari perasaan kewalahan dan kehilangan arah.
Misalnya, pada semester pertama, fokuslah untuk bergabung dengan organisasi dan berpartisipasi dalam kegiatan kampus.

Pada semester ketiga dan keempat, mulailah melamar beasiswa dan berpartisipasi dalam program duta akademis. Pada semester kelima atau keenam, saatnya untuk fokus pada magang. Rencana yang dipikirkan dengan matang akan membantumu tetap pada jalur dan memanfaatkan pengalaman kuliahmu sebaik-baiknya.

2. Punya Manajemen Waktu


Di perguruan tinggi, kamu menentukan studimu sendiri, jadi menguasai manajemen waktu sangat penting. Prioritaskan kegiatanmu dan putuskan mana yang penting dan mana yang dapat kamu lewati.

Hindari terlalu banyak melakukan kegiatan ekstrakurikuler, karena tanggung jawab utamamu adalah belajar. Menyeimbangkan waktu secara efektif akan mencegah kelelahan dan memastikanmu unggul secara akademis.

3. Bergaul dengan Mahasiswa Tingkat Atas


Membangun hubungan dengan mahasiswa tingkat atau senior atas sangatlah berharga. Mereka memiliki pengalaman dan wawasan yang dapat membantumu menavigasi kompleksitas kehidupan kampus.


Dari nasihat akademis hingga kiat-kiat tentang kehidupan kampus, mahasiswa tingkat atas adalah sumber daya yang hebat. Jadi, jangan ragu untuk menghubungi dan belajar dari pengalaman mereka.

4. Jalani Orientasi Pengenalan Kampus dengan Serius


Program orientasi (Opspek) mungkin tampak membosankan, tetapi sangat penting untuk keberhasilanmu di perguruan tinggi.
Patuhi aturannya dan hindari menarik perhatian yang tidak perlu pada dirimu sendiri di hari-hari awal.

Menyelesaikan Opspek sangat penting karena jika tidak, hal itu dapat mempersulit semester berikutnya, bahkan mungkin mengharuskanmu untuk mengulang program tersebut.

5. Tinjau Materi Sekolah Menengah Atas


Tergantung pada jurusanmu, penting untuk meninjau kembali mata pelajaran sekolah menengah atas yang relevan. Misalnya, mahasiswa farmasi harus meninjau kimia dan biologi, sementara mahasiswa teknik harus memoles fisika dan matematika. Pengetahuan dasar ini akan sangat penting saat kamu menjalani perkuliahan.

6. Hindari Konflik dengan Dosen


Memahami kepribadian dan ekspektasi dosenmu adalah kunci untuk pengalaman kuliah yang lancar. Setiap dosen memiliki gaya mengajar dan serangkaian ekspektasi yang unik, jadi penting untuk tepat waktu, menyerahkan tugas tepat waktu, dan bersikap baik kepada mereka.

Menghindari konflik dengan dosen akan membuat perjalanan kuliahmu jauh lebih mudah. Memulai kuliah bisa jadi sangat berat, tetapi dengan kiat-kiat ini, kamu akan lebih siap menghadapi tantangan di masa mendatang.

Rencanakan semester, kelola waktumu dengan bijak, jalin hubungan dengan mahasiswa tingkat atas, ikuti Opspek dengan serius, tinjau materi sekolah menengah atas, dan jaga hubungan baik dengan dosen.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2036 seconds (0.1#10.140)