Mengenal Teks Nonfiksi, Struktur dan 10 Contohnya Berbagai Tema

Jum'at, 13 September 2024 - 17:01 WIB
loading...
A A A
Meski Archimedes mengalami kejayaan pada masanya. Namun, naasnya ia terbunuh di kota kelahirannya akibat tentara Romawi merebut dan mengepung kota Sirakusa pada 212 SM.

6. Contoh Teks Nonfiksi tentang Perkembangan Teknologi 5G


Orientasi:

Perkembangan teknologi 5G telah membawa revolusi dalam dunia telekomunikasi. Teknologi ini mulai dikembangkan pada tahun 2008 ketika berbagai perusahaan telekomunikasi dan lembaga penelitian mulai menginvestasikan sumber daya mereka untuk generasi seluler berikutnya.

Urutan Kejadian:

Pada tahun 2019, Korea Selatan menjadi negara pertama yang meluncurkan jaringan 5G secara komersial, diikuti oleh beberapa negara lain seperti Amerika Serikat dan China. Sepanjang tahun 2020 hingga 2022, adopsi 5G semakin meluas dengan peningkatan cakupan jaringan dan perangkat yang kompatibel.
Kecepatan data yang jauh lebih tinggi, latensi yang sangat rendah, dan kemampuan untuk menghubungkan lebih banyak perangkat secara bersamaan telah membuka peluang baru dalam berbagai sektor, mulai dari kendaraan otonom hingga telemedicine.

Reorientasi:

Meskipun masih dalam tahap awal, teknologi 5G diprediksi akan menjadi tulang punggung revolusi industri 4.0 dan memiliki potensi untuk mengubah cara kita hidup dan bekerja di masa depan.

7. Contoh Teks Nonfiksi tentang Pandemi Covid-19


Orientasi:

Pandemi Covid-19 telah mengubah lanskap kesehatan global secara dramatis. Pandemi ini menjadi masalah yang serius ketika seluruh dunia menghadapi nasib yang sama dan tidak sedikit pandemi ini menyebabkan kematian di seluruh dunia.

Urutan Kejadian:

Awal mula virus ini terdeteksi di Wuhan, China pada Desember 2019, dan dengan cepat menyebar ke seluruh dunia. Pada 11 Maret 2020, WHO secara resmi menyatakan Covid-19 sebagai pandemi global. Sepanjang tahun 2020, negara-negara di seluruh dunia menerapkan berbagai kebijakan untuk mengendalikan penyebaran virus, mulai dari lockdown hingga pembatasan perjalanan internasional.

Titik balik terjadi pada Desember 2020 ketika vaksin COVID-19 pertama mendapat persetujuan penggunaan darurat. Sepanjang tahun 2021 dan 2022, kampanye vaksinasi massal dilakukan di berbagai negara, yang secara bertahap menurunkan tingkat keparahan dan kematian akibat virus ini.
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0920 seconds (0.1#10.140)