Mengenal Teks Nonfiksi, Struktur dan 10 Contohnya Berbagai Tema

Jum'at, 13 September 2024 - 17:01 WIB
loading...
A A A
Reorientasi:

Meskipun pandemi belum sepenuhnya berakhir, pengalaman ini telah mengajarkan seluruh dunia tentang betapa pentingnya kesiapsiagaan dalam menghadapi krisis kesehatan secara global dan nilai kerja sama internasional mampu mengatasi tantangan secara bersama-sama

8. Contoh Teks Nonfiksi tentang Festival Seni Biennale Jogja


Orientasi:

Dilansir dari web resmi Biennale Jogja, Festival Seni Biennale Jogja telah menjadi ikon penting dalam perkembangan seni kontemporer Indonesia. Festival ini telah diselenggarakan pada 6 Oktober sampai 25 November 2023 di Jogja. Festival ini juga dapat ditemukan di berbagai tempat, seperti Taman Budaya Yogyakarta dan Museum Nasional Jogja.

Urutan Kejadian:

Dalam sejarahnya, festival ini berawal dari inisiatif seniman lokal pada tahun 1988, festival ini juga awalnya hanya berfokus pada seni rupa. Seiring waktu, Biennale Jogja berkembang menjadi acara seni multidisiplin yang mencakup seni pertunjukan, seni media, dan seni publik.

Titik balik terjadi pada tahun 2011 ketika festival ini mengadopsi format "Equator Series", menghubungkan Yogyakarta dengan negara-negara di garis khatulistiwa.

Sejak saat itu, setiap edisi Biennale Jogja menghadirkan kolaborasi unik antara seniman Indonesia dan seniman dari negara mitra yang berbeda. Puncaknya terjadi pada Biennale Jogja XVI tahun 2021, yang berhasil diselenggarakan di tengah pandemi Covid-19 dengan menggabungkan pameran fisik dan platform digital.

Reorientasi:

Festival ini tidak hanya menjadi ajang showcase bagi seniman kontemporer, tetapi juga berperan penting dalam membangun dialog lintas budaya dan memperkuat posisi Yogyakarta sebagai kota seni di tingkat internasional

9. Contoh Teks Nonfiksi tentang Perkembangan Kecerdasan Emosional


Orientasi:

Perkembangan teori kecerdasan emosional (EQ) telah mengubah pemahaman kita tentang faktor-faktor yang berkontribusi pada kesuksesan hidup dan karier. Kecerdasan emosional merupakan kemampuan seseorang dalam mengidentifikasi, memahami dan mengendalikan emosi terhadap dirinya dan orang lain.
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2978 seconds (0.1#10.140)