14 Tips Penting Penulisan Parafrasa, Mahasiswa Wajib Tahu

Kamis, 26 September 2024 - 06:46 WIB
loading...
A A A
Contoh : "Polisi Menginterogasi para tersangka." Menjadi "Polisi menundukkan tersangka untuk diinterogasi."



Hal Penting Parafrasa


1. Tingkatkan Pemahaman Materi


Memahami materi dengan baik merupakan hal awal yang harus dimiliki oleh penulis sebelum melakukan parafrasa. Memahami materi akan mendorong penulis untuk menggali informasi lebih dalam. Dengan begitu, pengetahuan tentang materi tersebut akan lebih baik dan tercermin dalam cara penulis mengemukakan gagasan dengan berbagai sudut pandang.

2. Hindari Kemiripan dalam Kata-kata dan Kalimat


Penggunaan kata-kata atau kalimat yang sama persis dengan sumber asli sering dikaitkan dengan plagiarisme. Maka, dengan melakukan parafrase, penulis dapat menghindari pengulangan kata-kata dan kalimat yang dapat mengakibatkan peringatan plagiarisme di Turnitin.

3. Jaga Orisinalitas


Parafrasa dapat memudahkan penulis dalam membuat pemikiran dan perspektif pribadi mereka terkait materi atau topik yang dipelajari untuk dikemas ke dalam tulisan baru. Dengan merumuskan kembali ide-ide tersebut, maka penulis dapat membuat tulisannya jauh lebih unik dan menghindari kesan bahwa mereka hanya sekedar menyalin data.

4. Tingkatkan Kemampuan Menulis


Proses melakukan parafrasa adalah latihan yang sangat baik untuk meningkatkan keterampilan penulisan. Penulis harus mencari cara yang berbeda dan efektif untuk menyampaikan informasi yang sama. Ini dapat membantu mereka dalam memilih kata-kata yang tepat dan membuat kalimat yang efektif.

5. Minimalisir Kesalahan


Dalam proses melakukan parafrasa, penulis secara alami akan berkonsentrasi pada aspek tertentu dari materi yang mereka sajikan kembali. Ini dapat membantu mengurangi risiko kesalahan yang mungkin terdapat dalam sumber sebelumnya. Meskipun parafrasa adalah alat yang berguna untuk menghindari plagiarisme, ini tidak berarti bahwa seluruh teks harus melalui proses parafrasa.
(wyn)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0872 seconds (0.1#10.140)