SMA Pradita Dirgantara Terima Kunjungan Direktur IFI Prancis

Sabtu, 07 November 2020 - 20:25 WIB
loading...
SMA Pradita Dirgantara Terima Kunjungan Direktur IFI Prancis
Direktur IFI Yogyakarta, Madame Sarah Camara dan Kepala Sekolah SMA Pradita Dirgantara Yulianto Hadi saat berkunjung ke SMA Pradita Dirgantara, Kamis, (6/11). Foto/Dok/Humas
A A A
JAKARTA - SMA Pradita Dirgantara menggandeng Institute Fraçais d’Indonésie (IFI) Prancis sebagai tindak lanjut MoU sebelumnya. MoU itu terkait pendirian, pengelolaan dan pengembangan layanan pendidikan dan kebudayaan bagi peserta didik.

Direktur IFI Yogyakarta, Madame Sarah Camara pun berkunjung ke SMA Pradita Dirgantara, Kamis, (6/11). Kunjungan ini untuk melakukan sosialisasi dengan siswa siswi SMA Pradita Dirgantara yang tertarik untuk melanjutkan studi di Prancis. (Baca juga: Sekolah Berkelas Dunia, SMA Pradita Dirgantara Sosialisasikan Studi Lanjut ke Jerman )

Acara yang diselenggarakan secara offline dengan mematuhi protokol kesehatan ini dihadiri oleh Kepala Sekolah SMA Pradita Dirgantara Dr Yulianto Hadi, Manajer Penjaminan Mutu Dr. Sutanto, dan para pejabat Pradita Dirgantara lainnya.

Tampak hadir mendampingi guru Bahasa Prancis Ajeng Putri Pratiwi, serta siswa siswi SMA Pradita Dirgantara yang berminat melanjutkan studi ke Prancis.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Madame Sarah Camara yang menyempatkan waktunya untuk hadir dan berbagi informasi kepada siswa siswi. Kami berharap dengan kedatangan direktur dari IFI ini dapat membuat perubahan yang hebat untuk SMA Pradita Dirgantara. Hal ini juga dapat dijadikan pedoman bagi siswa siswi kami yang berkeinginan untuk melanjutkan studi di Prancis dan membuka wawasan bagi siswa kami terkait Global Competences,” kata Yulianto Hadi melalui keterangan elektronik yang diterima SINDOnews, Sabtu (7/11/2020). (Baca juga: Klana.It, Karya Siswa SMA Pradita Dirgantara Raih Emas Lomba FIKSI 2020 )

Sementara itu, Madame Sarah Camara menyampaikan apresiasinya setelah melakukan audiensi langsung dengan para siswa-siswi SMA Pradita Dirgantara dengan menggunakan bahasa Prancis.

“Dengan adanya kerja sama antara pihak IFI, Kedutaan Prancis dan SMA Pradita Dirgantara, kita dapat menjalin sebuah relasi yang tidak hanya untuk membantu siswa siswi mewujudkan impiannya melanjutkan studi di Prancis, tetapi juga dalam berbagai acara yang berbau ke-Prancis-an akan banyak kita lakukan di sini. Seperti mendatangkan native speaker untuk mengenalkan kepada siswa atau mengikuti acara Francophonie (negara yang menggunakan bahasa Prancis), atau agenda-agenda lain seperti summer camp," papar Madame Sarah. (Baca juga: Kunjungan ke Daerah, Mendikbud Kaget Banyak Sekolah Belum Terima Bantuan Kuota )

Pertemuan tersebut diisi dengan pemutaran video tentang kehidupan di Prancis, pemaparan tentang sistem perkuliahan di Prancis, tatacara tinggal di Prancis, penjelasan budaya di Prancis, dan program kebahasaan yang harus ditempuh siswa untuk mendapatkan sertifikat DELF B2.

Siswa-siswi SMA Pradita Dirgantara tampak antusias mengikuti acara ini. Mereka mengajukan banyak pertanyaan dalam sesi tanya jawab. Seperti bagaimana cara mencari universitas yang cocok untuk minat masing-masing, sistem part-time di sana, dan biaya pendidikan selama kuliah di Prancis. Tasdik Mahandito, salah satu siswa kelas XIIC, menyampaikan rasa senangnya mengikuti acara ini.

“Negara Prancis adalah negara yang mengagungkan pendidikan dan penelitian. Bahkan mereka tidak menganggap pendidikan sebagai sebuah bisnis. Prancis juga negara yang sukses peradabannya. Saya ingin mempelajari kesuksesannya untuk membangun Indonesia kelak. Pertemuan ini semakin menyemangati saya untuk belajar bahasa Prancis dan melanjutkan studi di sana," ungkap Tasdik.

Setelah melakukan audiensi dengan para siswa, Madame Sarah Camara didampingi kepala sekolah mengunjungi beberapa area di SMA Pradita Dirgantara. Mereka smelakukan foto bersama dan penyerahan souvenir dari masing-masing pihak. Kunjungan dilanjutkan pertemuan dengan Direktur Direktorat Pengembangan Sekolah Pradita Dirgantara, Dwi Agus Yuliantoro, di ruang direktorat.

“Kami merasa terhormat atas kehadiran Direktur IFI ke SMA Pradita Dirgantara ini, dan sangat setuju dengan program summer camp yang akan diadakan untuk menjadi wadah siswa belajar bahasa perancis secara intensif," jelas Agus.

"Kami berharap dengan kerja sama antara pihak sekolah dengan pihak IFI Prancis dan kedutaan Prancis ini dapat memberikan wadah bagi siswa kami agar bisa meraih mimpi mereka melanjutkan studi ke Prancis sehingga SMA Pradita Dirgantara betul-betul mewujudkan mimpinya untuk mendunia,” terangnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2142 seconds (0.1#10.140)