BPIP Gandeng Komunitas Adat Sumba untuk Wujudkan Pembudayaan Pancasila

Selasa, 24 November 2020 - 01:17 WIB
loading...
A A A
Menyangkut interaksi, menurutnya, pemberdayaan masyarakat seperti upacara, ritual, merupakan ruang interaksi sebenarnya. “Kenapa kita ada upacara macam-macama? Di negara-negara liberal itu sudah kurang sekali. Bedanya dengan kita, terlahir dari tradisi ritual. Itu ruang interaksi dan pemberdayaan. Memberikan suatu penghormatan ketika ikut,” terangnya.

Budayawan Ngatawi Al Zastrouw menilai, banyak komunitas adat yang berkembang di Sumba, NTT, secara nyata justru mengamalkan dan menjalankan pembudayaan pancasila. BPIP, lanjut dia, sebagai lembaga negara yang memiliki peran untuk menanamkan, menyebarkan, dan membudayakan Pancasila, ingin menjadikan pancasila sebagai budaya bangsa Indonesia yang terus tertanam.

Guna mewujudkan itu, ada beberapa sekenario yang harus dilakukan. Pertama, BPIP harus mendengar dan melihat. Artinya, BPIP mendatangi komunitas-komunitas yang ada di daerah yang secara konsisten sudah mengamalkan budaya pancasila. Sekalipun, mereka tidak merasa bahwa apa yang sudah dilakukan sesuai dengan pancasila.

Jika ingin kembali mengamalkan ajaran Bungkarno, maka pancasila itu harus digali dari tradisi nilai-nilai kearifan lokal (local wisdom) yang tumbuh di daerah. Dengan bahasa lain, sumber mata air dari pancasila itu adalah local wisdom dan teradisi-tradisi yang ada di nusantara ini.

“Kita mendatangi sumber-sumber itu. Kenapa pancasila menjadi asing, karena tidak bisa mengalirkan lagi. Pancasila kan kayak danau, yang menjadi titik temu dari sumber-sumber mata air peradaban yang ada di nusantara ini. Ketika sumber-sumber mata air ini tersumbat, itu kan potensi-potensi aja,” terangnya.

Makanya, pada tahap awal, pihaknya akan membersihkan gorong-gorong dan memunguti sampah-sampah yang menutupi sumber mata air. Harapannya, supaya air yang jernih ini bisa kembali mengalir dan berkumpul supaya oase yang tersedia tidak kering lagi. Dengan begitu, setiap orang bisa berenang dan mengambil airnya untuk kebutuhan manusia.

“Begitulah kira-kira. Jadi strategi awal ini adalah kita mendatangi sumber-sumber mata air, untuk melihat mengenali. Sekaligus langkah kedua kita adalah, membersihkan gorong-gorong dari sumbetan mata air yang berasal dari sampah peradaban dan sampah kebudayaan. Sehingga, sumber mata air jernih bisa ke danau, bisa menjadi oase, maka pancasila ini akan hidup dengan sendirinya,” terangnya.

Kedepannya, lanjut dia, setelah BPIP melihat dan mendengar sejumlah komunitas budaya terkait harapan dan pikiran-pikiran, termasuk konsep-konsep yang sudah mereka lakukan selama ini. Dari hasil inilah, akan dijadikan bahan untuk menyusun strategi pembudayaan pancasila. Sehingga, harapannya nanti, pembudayaan pancasila tidak hanya BPIP yang menjalankan tapi juga pihak-pihak lain, seperti kementerian dan lembaga-lembag terkait lainnya.

Langkah selanjutnya, BPIP juga akan melakukan advokasi, baik positif maupun negatif. Advokasi positif artinya, memberikan advokasi supaya komunitas-komunitas budaya ini bisa bisa dikenali dan dilihat orang. Sehingga, kalau ada orang berprilaku pancasila atau contoh baik yang bisa ditiru meskipun tidak mirip.

Ada spirit, semangat yang bisa dijadikan rujukan. Sementara, advokasi negatif, caranya mendorong komunitas budaya yang baik supaya tumbuh dan bisa memberikan contoh dan keteladanan kepada pihak-pihak yang sudah kering dari nilai-nilai pancasila.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1156 seconds (0.1#10.140)