Ornamen Header
Ini 7 Softskill untuk Jadi Mahasiswa Unggul di Dunia Kerja
Ini 7 Softskill untuk Jadi Mahasiswa Unggul di Dunia Kerja
Terdapat 7 keterampilan nonteknis yang secara khusus perlu mahasiswa miliki untuk meningkatkan daya saing di dunia kerja. Foto/ist
JAKARTA - Lulusan perguruan tinggi perlu dibekali dengan softskill yang diperlukan untuk meningkatkan daya saing sehingga akan sukses berkarir di dunia kerja.

Dikutip dari laman resmi Binus University di binus.ac.id, bekal soft skill merupakan kemampuan yang dapat dilatih selama kuliah. Terdapat 7 keterampilan nonteknis yang secara khusus perlu mahasiswa miliki untuk meningkatkan daya saing di dunia kerja, yakni: Baca juga: ( UGM Berikan Keringanan UKT ke 10 Ribu Lebih Mahasiswa Terdampak Covid-19 )

1. Kerja Sama
Kemampuan bekerjasama menjadi bekal penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa. Apalagi, sebagian besar tugas dan tanggung jawab yang harus diselesaikan oleh seorang pekerja memerlukan keterampilan ini. Ditambah lagi, mayoritas perusahaan kini memilih untuk membangun lingkungan kerja dengan diversitas budaya tinggi.

Dalam perusahaan yang memiliki diversitas budaya tinggi, terdapat karyawan dengan berbagai latar belakang ras, agama, warna kulit, etnis, usia, dan lain sebagainya. Tanpa kemampuan bekerjasama yang baik, perusahaan bakal menempatkanmu dalam daftar paling belakang.



2. Inovasi
Perusahaan di era modern sangat memerlukan kehadiran tenaga kerja yang mampu menghadirkan inovasi baru. Inovasi membuat perusahaan bisa melakukan perubahan ke arah yang lebih baik dan menemukan peluang baru. Baca juga: ( Mahasiswa ITB Raih Best Paper di Geo Student Competition 2020 )

Lingkungan kerja yang inovatif mendorong karyawan untuk terus berkembang dan belajar. Suasana yang positif tersebut kemudian dapat memberi dampak dalam peningkatan produktivitas para karyawan.

3. Respect
Kemampuan ini bakal membuat kamu memperlakukan orang lain dengan baik, selayaknya seperti mereka menghormatimu. Kebiasaan tersebut dibutuhkan oleh sebuah perusahaan dalam rangka membangun lingkungan kerja positif.



4. Integritas
Integritas menjadi modal penting untuk mendapat kerja cepat dan posisi menjanjikan. Bagi perusahaan, integritas merupakan parameter penting untuk menilai potensi seorang calon karyawan. Pekerja yang berintegritas memiliki tanggung jawab besar dan bisa diandalkan.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!