Inovasi Unpad untuk Mudahkan Pengambilan Sampel Hewan Uji

Senin, 01 Februari 2021 - 14:14 WIB
loading...
A A A
Karena itu, tim mengembangkan purwarupa restrainer dengan tiga ukuran yang berbeda, sehingga produk ini bisa digunakan untuk tikus percobaan dengan ukuran tubuh yang berbeda. Dengan demikian, sisi etis dari hewan percobaan bisa terpenuhi.

Keunggulan lainnya adalah restrainer ini dilengkapi dengan vena finder. Melalui fitur ini, ekor tikus tinggal diletakkan di atas vena finder. Cahaya pada vena finder akan membiaskan ekor tikus sehingga akan kelihatan pembuluh daranya. Peneliti pun bisa lebih mudah mengambil sampel darah.

Agar lebih aman, tim teknis berhasil menjaga suhu vena finder agar tidak terlalu panas ataupun dingin. Wildan menjelaskan, panas dari sinar vena finder dikembangkan untuk bisa bertahan antara 35 – 40 derajat Celsius walau dengan kondisi mesin menyala lama.

Awalnya, restrainer ini dikembangkan untuk menjawab tantangan di lingkup FK Unpad. Ronny pun mengunggah restrainer tersebut di akun media sosial pribadinya Tak dinyana, apresiasi datang dari berbagai pihak.

Bahkan sudah ada peneliti, baik dari perguruan tinggi di Indonesia maupun Malaysia, yang tertarik untuk menggunakan bahkan siap untuk membelinya. Tidak hanya itu, ada pula industri yang mempercayakan pengambilan sampelnya kepada Ronny dan tim.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1067 seconds (0.1#10.140)