Ini Lima Pemenang Akademi Madrasah Digital 2020

Minggu, 07 Februari 2021 - 01:54 WIB
loading...
Ini Lima Pemenang Akademi Madrasah Digital 2020
Lima Pemenang Akademi Madrasah Digital 2020. Foto/Dok/Humas Kemenag
A A A
JAKARTA - Proses Panjang Akademi Madrasah Digital (AMD) 2020 telah berakhir. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) Kementerian Agama pun telah menetapkan lima pemenang ajang yang berlangsung sejak Juli 2020 ini.

AMD 2020 merupakan program sinergi dari Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah dengan XL Axiata. Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nizar mengapresiasi ajang yang bertujuan untuk menyiapkan generasi Indonesia Unggul untuk menghadapi revolusi industry 4.0.

Baca juga: Pandemi, Kemenag Minta Perguruan Tinggi Islam Terapkan Digital University


Menurutnya, Kemenag menginisiasi program Akademi Madrasah Digital guna membuat siswa semakin fasih dengan teknologi. “Program ini diharapkan mampu mencetak generasi unggul yang siap menghadapi era revolusi industri 4.0, serta menguasai teknologi informasi khususnya IOT dan Big Data,” tutur Nizar.

Menambahkan Nizar, Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ditjen Pendis Kemenag, A. Umar mengatakan program ini merupakan salah satu bentuk respon untuk melakukan proses transformasi digital di madrasah.

“Anak-anak madrasah sudah tidak asing dengan hal-hal yang berbau teknologi, kita tinggal memberikan polesan melalui wadah yang dapat membuat mereka semakin fasih dengan teknologi,” ungkap Umar.

Baca juga: UIN Jakarta-Wahid Foundation Tawarkan Beasiswa bagi Mahasiswa Peneliti Gus Dur


Umar berharap, program ini dapat membentuk talenta muda madrasah yang berjiwa entrepreneur dan mampu menciptakan start up bermodalkan inovasi dan kreatifitas di masa mendatang.

Di sisi lain, Feby Sallyanto selaku Chief Enterprise & SME Officer PT XL Axiata mengatakan, IoT adalah salah satu pilar revolusi industri, selain Big Data dan AI. Oleh karena itu, XL sangat mendukung program Akademi Madrasah Digital dalam rangka membangun inovasi IoT.

“Program AMD diharapkan tidak hanya melahirkan insan yang menguasai teknologi saja, tetapi juga memiliki moral agama yang unggul,” ujar Feby.

Adapun kelima finalis dengan inovasi terbaik yang telah dinobatkan sebagai pemenang berdasarkan kategori sebagai berikut:
1. The Top Contender: Medigate (MAN 2 Kudus) dan E-CLEAR (MAN 2 Nganjuk)
2. The Most Applicable: AQUIOTS (MA Darussalam Ngesong, Jombang)
3. The Most Marketable: MushTech (MAN 2 Majalengka)
4. The Most Innovative: Skyrone (MAN Insan Cendekia Tanah Laut, Kalimantan Selatan)

"Selamat kepada tim Madrasah Aliyah yang telah terpilih menjadi pemenang Akademi Madrasah Digital 2020, dan semoga kesuksesan yang diraih semakin menginspirasi siswa madrasah untuk terus berinovasi dan berkontribusi bagi pembangunan negeri tercinta," pungkas Feby.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2091 seconds (0.1#10.140)