Blended Learning, Inovasi Metode Pembelajaran Kreatif di Tengah Pandemi

Rabu, 10 Februari 2021 - 10:17 WIB
loading...
A A A


Sehingga, tantangan belajar yang selama ini anak-anak hadapi seperti hanya mengandalkan soal latihan dan buku, jarangnya interaksi langsung antara guru serta murid, dan tidak berkaitan dengan kehidupan sehari-hari berubah menjadi hal-hal yang positif bagi mereka.

"Murid jadi termotivasi dan mandiri dalam menyelesaikan tugasnya, tumbuh rasa percaya diri dengan hasil karyanya, dan mereka pun inovatif dan komunikatif kala mengekspresikan idenya," kata Laksmi.

Rakha, murid SMM kelas 10 menceritakan, metode blended learning membuatnya merasa nyaman belajar di SMM. Di samping itu, kegiatan belajar di SMM termasuk seru dan menyenangkan karena dilengkapi dengan aktivitas eksperimen.

"Ini yang paling aku suka. Biarpun belajar di rumah, tetap ada kegiatan seperti di laboratorium untuk pelajaran kimia, fisika, dan biologi. Setiap bulan aku pasti menunggu-nunggu tool kit untuk membuat eksperimen di rumah," kata Rakha.

Program blended learning yang diterapkan SMM diakui efektif dan berdampak positif bagi para murid. Hal ini juga diakui Aulia Ulfah, orang tua murid PAUD. Menurutnya, setelah selama 3,5 bulan bersekolah di SMM, anaknya dapat berinteraksi dengan guru dan teman-temannya yang berasal dari seluruh Indonesia.

"Pelajaran dan nilai-nilai moral yang diajarkan mampu diingat ananda saat di luar jam belajar," kata Aulia.

Hal serupa dialami Nida yang anaknya bersekolah di SMM pada jenjang Sekolah Dasar. Menurutnya, sistem blended learning yang diterapkan SMM seru dan menyenangkan. Bahkan, semenjak masa orientasi pertama, dirinya dibuat terkesan karena interaksi guru-guru dalam memandu para murid.

Menurutnya, di setiap sesi mereka juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapat masing-masing secara mandiri dan bertanggung jawab. Anak-anak diajak komitmen membuat jadwal, membuat kesepakatan, dan dipandu untuk menentukan tujuan apa yang akan dicapai dalam pembelajaran.

“Kini proses belajar selalu menjadi aktivitas yang ditunggu anak, katanya kangen. Keren ya, online tapi bisa terbangun keterikatan," kata Nida.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2141 seconds (0.1#10.140)