Cegah Risiko Terpapar Covid-19, Peneliti FTUI Kembangkan Puvicon

Jum'at, 26 Februari 2021 - 14:08 WIB
loading...
Cegah Risiko Terpapar Covid-19, Peneliti FTUI Kembangkan Puvicon
Tim peneliti Fakultas Tehnik Universitas Indonesia (FTUI) menciptakan alat penjernih udara (air purifier) yang diberi nama Puvicon. Foto/SINDOnews/R Ratna Purnama
A A A
DEPOK - Sebagai upaya untuk memberantas virus Covid-19, tim peneliti Fakultas Tehnik Universitas Indonesia (FTUI) menciptakan alat penjernih udara (air purifier) yang diberi nama Puvicon.

Alat ini bekerja dengan menggunakan teknologi PUVICO3, yakni molekul udara dan uap air yang diionisasi dan dihamburkan kembali ke udara secara konveksi paksa.

Pada ruangan tertutup, teknologi ini terbukti mampu menghilangkan 99% virus dan lebih dari 90% bakteri di udara hanya dalam waktu 10 menit. Bahkan canggihnya lagi alat ini dapat menghambat pertumbuhan jamur di makanan, lemari pakaian dan tempat sepatu. Selain itu juga dapat membersihkan dan melembabkan kulit.

Tim peneliti dipimpin oleh Prof Setijo Bismo, seorang guru besar dan pakar dalam bidang plasma, ozon dan UV. Tim melakukan riset dan rancang bangun unit air purifier dan disinfektan berbasis plasma sejak Juli 2020. Teknologi PUViCO3 bermakna purifikasi virus Corona oleh Plasma-UV-Ozon.

Teknologi PUViCO3 hasil rancang bangun ini menggunaan generator Plasma yang selain menghasilkan plasma anion juga memberikan efek dingin dan lembab ketika terkena permukaan kulit manusia.

Dengan demikian plasma anion (ion negatif) ini akan mendorong fenomena terjadinya humidifikasi (kelembaban) lokal di permukaan kulit manusia sehingga panas laten yang dihasilkan dari proses humidifikasi tersebut akan menyerap panas di permukaan kulit, sehingga kulit akan terasa dingin.

“Pada pemakaian rutin maka akan berpengaruh terhadap kualitas kulit, yaitu menjadi lebih bersih dan halus. Ditambah dengan penggunaan teknologi cyclon fan (kipas angin berputar), maka efek pendinginan ini akan lebih baik lagi,” kata Bismo, Kamis 25 Februari 2021.

Selain menghasilkan dan menghamburkan ion-ion negatif dengan kelembaban rendah, teknologi PUViCO3 ini juga dapat mengatasi polusi udara sekaligus berperan sebagai “disinfektan elektronik” yang bekerja dengan mekanisme difusi (penyebaran) secara cepat karena adanya sistem konveksi paksa.

Proses inaktivasi ataupun penghancuran bakteri dan virus dilakukan juga oleh tirai-tirai virtual (virtual curtains) berupa sinar UV-C yang memiliki panjang gelombang 220-280 nm dan selanjutnya diperkuat lagi oleh emisi Ozon (O3) ringan dengan konsentrasi maksimum sebesar 0,05 ppm.

“Dengan penggunaan panjang gelombang UV-C sampai sebesar 280 nm, diharapkan keberadaan ozon akan segera hilang tidak lama setelah melewati lampu UV-C (maksimum 50 cm dari lampu UV-C) Ozon dapat diubah kembali melalui jalur reaksi dekomposisi ozon menjadi O2 di udara. Di bagian keluaran alat ini, yaitu berupa emisi udara yang telah dibersihkan oleh UV-C dan ozon (O3) tadi, maka alat pembangkin plasma akan lebih efektif lagi menonaktifkan bahkan memusnahkan mikroba-mikroba,” tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1165 seconds (0.1#10.140)