Budayawan: Pancasila Tak Bisa Terlepas dari Nilai dan Unsur Budaya

Selasa, 01 Juni 2021 - 23:34 WIB
loading...
A A A
Addie menilai, justeru dengan adanya perbedaan sudut pandang dan gerak masing-masing merupakan asset, terlebih dalam dunia seni. Namun hal yang paling penting adalah bagaimana menghadirkan Kembali, membangkitkan Kembali spirit Pancasila di era kekinian. Dalam hal seni misalnya bagaimana lagu-lagu zaman dulu yang mengajarkan nasionalisme itu di aransmen ulang dengan nada dan music yang khas dengan zaman sekarang,

“Bagaimana semangat Pancasila ini di hadirkan, semangat perjuangan dihadirkan di era ke kinian dengan cara masing-masing sesuai dengan posisi dan kedudukannya masing-masing. Semisal lewat lagu anak-anak tadi itu di aransmen ulang,” tambah Addie.

Sudut pandang yang tak jauh berbeda diuangkapkan juga oleh seorang sutradara dan budayawan Garin Nugroho, ia menilai Pancasila yang kita anut sebagai dasar negara sampai hari ini mempunyai nilai dan aspek seni, bahkan para seniman juga ikut andil dalam merumuskan Pancasila.

“Pancasila itu justru berbasis nilai-nilai seni, para penggodog Pancasila itu banyak para senimannya, kalau gak ada senimannya malah Pancasila gak akan jadi. Contohnya Muhammad Yamin, bapak sonata. Itu baru satu. Muhammad hatta, ngasih istrinya aja buku. Soekarno? Bahkan dianggap seperti bapak teater,” Jelas Garin.

Garin mengungkapkan bahwa nilai-nilai yang membentuk Pancasila itu tidak terlepas dari nilai dan unsur budaya. “Jadi proses Pancasila adalah proses budaya, Bahasa aja, kata Pancasila misalnya dalam membahasakan ada yang diambil dari Bahasa sutasoman misalnya, ada yang dari Bahasa sangsekerta. Karena soekarno sendiri sangat dekat dengan orang-orang ahli Bahasa,” tambah Garin.

Program talkshow & seni BKNP PDIP dengan tema besar “Bung Karno Series hadir setiap hari pada bulan Juni pukul 16.30 WIB, tayang selama satu bulan penuh, dan dapat diikuti melalui kanal Youtube: BKNP PDI Perjuangan, Instagram: BKNPusat dan Facebook: Badan Kebudayaan Nasional Pusat.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3033 seconds (0.1#10.140)