Keren, Kolaborasi Mahasiswa-Dosen Fasilkom UMB Lahirkan 148 Aplikasi Multiplatform

Senin, 21 Juni 2021 - 12:24 WIB
loading...
Keren, Kolaborasi Mahasiswa-Dosen Fasilkom UMB Lahirkan 148 Aplikasi Multiplatform
Universitas Mercu Buana. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kolaborasi antara mahasiswa dan dosen program studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana (Fasilkom UMB) melahirkan inovasi berupa 148 karya aplikasi multiplatform. Ke-148 inovasi tersebut ditampilkan dalam acara Pameran Hasil Karya Mahasiswa (PHKM) ke-14.

PHKM yang digelar secara daring melalui aplikasi Zoom itu digelar pada Jumat hingga Sabtu (18-19/6) lalu. Pameran yang mengusung tema “Getting Strong and Creative in Pandemic Era with Information Technology” itu dibuka Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Mercu Buana, Dr Harwikarya MT.



Dalam sambutannya beliau sangat bangga dan memberikan apresiasi kepada semua yang telah memberikan waktu, tenaga dan fikirannya dalam pelaksanaan Pameran Hasil Karya Mahasiswa dengan indikator berapa banyak aplikasi yang dibeli oleh dunia industri.

“Tema tersebut diangkat karena memiliki arti di era pandemi ini, kita jangan sampai diam begitu saja dan tidak melakukan hal yang positif,” ujar Ketua Panitia PHKM ke 14 di Semester Genap 2020-2021, Dwiki Jatikusumo dalam keterangan pers Senin,(21/6/2021).

Menurut dia, pada masa pandemic Covid-19 ini, Fakultas Ilmu Komputer UMB mendorong para mahasiswa dan dosen untuk kontribusi lebih produktif dengan menghasilkan inovasi dan karya yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Inovasi yang dihasilkan itu berupa aplikasi multiplatform itu menggunakan Teknologi Informasi yang semakin canggih dan dapat digunakan sebaik-baiknya.



Gelaran PHKM pada hari pertama disemarakkan dengan penjurian atas karya para mahasiswa dan dosen tersebut. Penyisihan dilakukan oleh juri yang berasal dari dosen-dosen Universitas Mercu Buana sejak tanggal 10 Juni - 16 Juni 2021untuk menentukan 10 Tim yang akan diuji pada babak Final.

Selanjutnya, penjurian Final dilaksanakan pada Jumat, 18 Juni 2021 yang melibatkan juri-juri eksternal seperti; Dwi Prastya Baskorom dari PT Sinergi Digital Teknologi, Hanggardhono Tunjung Mahapari dari PT SINTESIS dan Rudi Sutomo dari Universitas Multimedia Nusantara.

Hasil seleksi dan penjurian pada hari pertama meloloskan 10 finalis dari prodi TI dan prodi SI. Total ada 20 finalis yang kemudian ditetapkan sebagai Aplikasi Terbaik Juara 1, 2, 3, dan Terfavorit, dan Poster Terbaik Juara 1, 2, 3 dan Terfavorit di masing-masing Prodi Teknik Informatika dan Prodi Sistem Informasi.

Selain menampilkan aplikasi, kegiatan PHKM ini juga menghdirkan talkshow dari para alumni UBM dari Prodi Teknik Informatika dan juga dari prodi Sistem Informasi. Alumni Teknik Informatika mengundang Sdr. M. Sodiq Romadhoni, sedangkan dari Sistem Informasi menghadirkan Abdul Latief Fathoni.

Dwiki berharap ke-148 Aplikasi Multiplatform yang dihasilkan para mahasiswa dan dosen itu dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat luas. “Dan tentu kita harapkan bisa dijadikan bibit tim kelompok kewirausahaan yang menjadikan peluang usaha setelah lulus dari Universitas Mercu Buana,” kata dia.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1221 seconds (0.1#10.140)