Ornamen Header
100% Bebas Alkohol, Mahasiswa IPB Hasilkan Hand Sanitizer dari Alang-Alang
100% Bebas Alkohol, Mahasiswa IPB Hasilkan Hand Sanitizer dari Alang-Alang
IPB University. Foto/Dok/SINDOnews
JAKARTA - Alang-alang yang selama ini kerap menjadi gulma di lahan pertanian ternyata dapat diubah menjadi produk kesehatan. Mahasiswa IPB University berhasil mengubah alang-alang menjadi hand sanitizer yang 100% bebas alcohol.

Mereka adalah Rahyu Zulaiha (mahasiswa Teknik Industri Pertanian), T Kenitha Putri Azhira (mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan), Reza Priscila Gendis (mahasiswa Ilmu Ekonomi), Putri Eka Perdanti (mahasiswa Statistika) serta Tio Ramadhan (mahasiswa Ilmu Komputer).

Baca juga: Salip UGM dan Unpad, UPI 3 Besar Universitas Terbaik di Indonesia versi WUR 2022

PKMK ini di bawah bimbingan Dr Mulyorini Rahayuningsih, Dosen IPB University dari Departemen Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta).



Menurut Rahyu penggunaan hand sanitizer saat ini sudah menjadi kebiasaan sebagai ikhtiar dalam menghadapi COVID-19. “Dari situlah kami memilih judul Hadaphy dengan mengambil penggalan kata "Menghadapi", Hadaphy memiliki kepanjangan yaitu Hand Sanitizer Non Alkohol Berbasis Daun Alang-alang dengan Aromatherapy,” katanya melalui siaran pers, Senin (6/9/2021).

Menurutnya, ekstrak daun alang-alang yang digunakan dalam produk ini mengandung alkaloid, flavonoid dan saponin yang dipercaya sebagai anti bakterial yang mampu membasmi pertumbuhan kuman dan patogen.

Rahyu selaku Ketua Tim Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan (PKMK) ini menuturkan, Hadaphy memiliki keunggulan berupa 100 % bebas alkohol, memiliki kandungan gliserin yang dapat mempertahankan kelembaban kulit, aman dan halal untuk penggunaan sehari-hari serta mengandung aromaterapi.

Baca juga: Inovasi Keren, Mahasiswa UGM Buat Robot Pengukur Kemiringan Lantai

“Teksturnya seperti gel hand sanitizer pada umumnya, sehingga tidak mudah tumpah. Hadaphy dikemas menggunakan botol ukuran 60ml dengan tampilan yang menarik serta terdapat empat varian aromaterapi yaitu jasmine, lavender, kayu manis dan vanila,” tuturnya.
halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!