Ini Negara-negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia, Cek Daftarnya

Kamis, 28 April 2022 - 13:11 WIB
loading...
A A A
Masih dari laman yang sama, anak yang telah berusia 6 tahun diwajibkan mengikuti jenjang pendidikan di sekolah dasar. Jenjang pendidikan menengah juga diwajibkan bagi seluruh warga negara yang telah menempuh pendidikan dasar. Biasanya, anak berusia 6 - 16 tahun akan duduk di bangku sekolah pada tahun 1 sampai tahun 9 atau 10.

6. Belanda

Belanda tidak mau kalah dalam menciptakan sistem pendidikan untuk menjadi salah satu yang terbaik di Eropa dan bahkan dunia. Menurut Organisasi Pendidikan Belanda (Nuffic), ada lebih dari 50 persen sekolah di Belanda yang menggunakan sistem komunikasi bilingual atau dwibahasa, yakni bahasa Inggris dan tentu juga bahasa Belanda.

Tujuan dari komunikasi ini adalah untuk mempersiapkan generasi muda Belanda dalam persaingan global yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Jadi, tak mengherankan anak-anak di Belanda sudah bisa menguasai bahasa asing seperti bahasa Inggris, Prancis, dan bahkan Jerman.

7. Jerman

Ada banyak siswa atau pelajar dari seluruh dunia yang mendaftarkan diri untuk bersekolah di Jerman. Biasanya, studi lanjutan seperti kedokteran spesialis, automotif, teknik mesin, ilmu penerbangan, dan perkapalan menjadi market terbesar Jerman untuk urusan studi dan pendidikan.

Bahkan, menurut jurnal sains yang diterbitkan dalam laman NCBI, sekolah kedokteran di Jerman masih menjadi favorit bagi banyak orang di dunia. Tak mengherankan jika kamu sering melihat dokter atau ahli medis kelas dunia dulunya pasti sempat mengenyam pendidikan di Jerman.

8. Jepang

Jepang adalah negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia dan bahkan menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Tidak kalah dengan Eropa atau Amerika, sistem pendidikan di Jepang menerapkan profesionalisme yang sangat pakem dan mereka akan menerapkan peraturan dengan standar terbaik untuk kemajuan bangsa mereka.

Disiplin, etos kerja, kemauan kuat, dan kecerdasan dalam menciptakan teknologi adalah beberapa kunci yang menjadikan Jepang menjadi salah satu negara makmur di dunia. Khusus di bidang teknologi, Jepang memiliki lembaga pendidikan tinggi atau kosen yang berfokus pada pelajaran dan penerapan teknologi lanjutan dengan sangat detail.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3668 seconds (0.1#10.140)