My Farm, Sistem Pertanian Hidroponik Canggih Karya Mahasiswa UNY

Sabtu, 11 September 2021 - 23:25 WIB
loading...
A A A
“Pada My Farm juga di lengkapi sistem monitoring dengan Internet of Things (IoT) seperti monitoring pH, suhu air dan kadar oksigen terlarut sehingga memiliki kualitas air yang bagus” ungkapnya.

Sedangkan prinsip kerja dari My Farm yaitu dengan membuat suatu konsep pertanian sederhana yang memanfaatkan lahan sempit di sekitar tempat tinggal.

My Farm sendiri merupakan penggabungan antara media tanam sayuran menggunakan media hidroponik yang terintegrasi dengan kolam ikan dengan memanfaatkan energi matahari sebagai pengganti dan alternatif energi yang dipakai.

Menurut Muhammad Yusri Dzal Yahya dibandingankan metode hidroponik umumya, dengan inovasi memanfaatkan IoT, My Farm memiliki keunggulan dapat diatur menggunakan smartphone. Seperti pengecekan dan pemberian nutrisi tanaman, pemberian pakan, dan pengecekan energi yang tersimpan membuat My Farm mudah untuk digunakan masyarakat.

Farm juga tidak membuat pengguna repot membersihkan kolam karena dikonsepkan memiliki penyaring kotoran otomatis dan memiliki sonar bloom sehingga merangsang tanaman agar tumbuh subur

“Melalui My Farm ini masyarakat dapat memenuhi kebutuhan pangan dengan lahan yang minim dan praktis serta ekonomis,” terangnya.

Gagasan mereka juga meraih medali emas dalam ajang World Youth Invention and Innovation Award (WYIIA) yang dihelat oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA) di UNY secara daring 17-21 Agutus 2021.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1792 seconds (0.1#10.140)