Dosen IPB University Kembangkan Produk dari Lintah Laut dan Rumput Laut

Kamis, 14 Oktober 2021 - 05:27 WIB
loading...
Dosen IPB University Kembangkan Produk dari Lintah Laut dan Rumput Laut
Dosen IPB University Prof Nurjanah di Estuary Speaks Series #7. Foto/Dok/IPB University
A A A
JAKARTA - Dosen IPB University Prof Nurjanah membuat inovasi minuman fungsional dari lintah laut yang dicampur dengan temulawak dan rossela. Selain itu juga dia juga mengolah rumput laut sebagai bahan baku kosmetik.

Dalam kesempatan menjadi narasumber di Estuary Speaks Series #7 dosen dari Departemen Teknologi Hasil Perairan (THP), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) membahas tema mengenai “Aquatic Product Technology Innovations: From Laboratory towards Maritime Industry 4.0 for Society”.



Menurutnya, program studi THP mempelajari berbagai teknologi yang mutakhir dan tepat guna dalam mengolah berbagai macam hasil perairan hingga menjadi produk unggulan yang dapat dikomersialisasikan.

“Kalau bicara THP ini, peluangnya sangat luar biasa. Mulai dari preparasi, transportasi sampai end product. Untuk meningkatkan nilai tambah, hanya perlu sentuhan sedikit saja dan sudah menghasilkan sesuatu,” ujarnya melalui siaran pers, Rabu (13/10/2021).

Ia menambahkan, Indonesia sangat kaya akan sumberdaya alam, seperti biota hasil perairan, yang belum semuanya teridentifikasi. Hingga diapun melakukan penelitian S3nya tentang lintah laut sebagai antioksidan dan antikolesterol.



“Saya membuat inovasi sebagai minuman fungsional dari lintah laut yang dicampur dengan temulawak dan rossela. Rasanya enak dan membuat segar badan. Begitu dipublikasi, banyak yang menghubungi saya, salah satunya dari RRI (Radio Republik Indonesia). Tapi kita tahu bahwa lintah laut ini belum ada yang membudidayakan,” jelasnya.

Selain itu, Prof Nurjanah juga mengembangkan rumput laut sebagai bahan baku kosmetik yang menggunakan sistem zero waste (tidak menghasilkan limbah).

Ia memaparkan, salah satu mahasiswa bimbingannya sudah mengembangkan produk-produk tersebut di Rumah Rumput Laut (RRL). Ada produk lotion, krim muka, masker, pomade dan lip balm.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1170 seconds (0.1#10.140)