Kiat-kiat Belajar Haalin Mawaddah, Lulusan S2 UNS Asal Kebumen Peraih IPK 3,85

Rabu, 24 November 2021 - 14:40 WIB
loading...
A A A
Oleh sebab itu, ia pun berupaya untuk selalu belajar secara konsisten, dan mengatur waktu belajarnya dengan baik. Hampir tak ada waktu yang dibuang secara percuma saat menjalani perkuliahan. Baik saat berada di kost, saat jeda di antara mata kuliah, bahkan saat akhir pekan dia manfaatkan untuk belajar.

“Saya membiasakan diri untuk belajar dan berlatih setiap hari secara optimal, bahkan di akhir pekan dan ketika ada kesempatan saat di kost dan jeda antarmata kuliah. Saya mencari literatur yang sesuai terhadap apa yang hendak dipelajari dan dengan gaya penyampaian yang sesuai terhadap preferensi saya,” kata Haalin menjelaskan.

3. Percaya Diri Namun Tetap Menjadi Pribadi yang Terbuka
Konsisten mendapat nilai bagus, bukan berarti segala proses belajar di universitas selalu mulus. Ia pun mengaku sering mengalami kesulitan dalam mempelajari materi-materi baru.

Namun dia selalu percaya, potensi diri tak dapat berkembang tanpa adanya kemauan dan usaha dalam mengatasi kesulitan belajar. Mengatasi hal tersebut, Haalin pun tak merasa sungkan untuk berdiskusi dengan dosen, teman, bahkan hadir dalam forum-forum diskusi tentang mata kuliah yang diambilnya.

“Keterbukaan diri itu penting, ketika kita stuck di satu titik, maka jangan sungkan untuk bertanya dengan dosen ataupun teman,” ujarnya. Menurutnya, semakin seseorang menguasai materi kuliah, maka akan semakin percaya diri dalam menjawab soal-soal yang sulit sekalipun.

4. Fokus pada Tujuan Belajar
Menjadi lulusan peraih nilai IPK tinggi bukan merupakan tujuan utama dia belajar giat. Yang dia tau, dirinya hanya melaksanakan tugasnya sebagai mahasiswa sebaik mungkin. Nilai terbaik, kata Haalin, bukanlah satu-satunya tujuan. Karena yang tak kalah penting adalah bagaimana ia dapat mengimplementasikan dan membagikan ilmunya kepada orang lain.

“Saya berusaha agar tidak hanya memperoleh nilai yang baik, tetapi juga memahami hal-hal di balik ilmu tersebut secara mendalam dan dapat mengimplementasikan serta menjelaskannya kepada orang lain”. tuturnya.

5. Kerjakan Tugas Dosen dan Kumpulkan Tepat Waktu
Setiap mahasiswa ingin mendapatkan nilai sempurna dari setiap mata kuliah yang diambil. Artinya, harus ada perjuangan untuk mendapatkannya, salah satunya tugas-tugas makalah dari dosen harus benar-benar dikerjakan secara maksimal.

Mengumpulkan tugas sesuai deadline sangat membantu untuk memperoleh nilai yang tinggi, selain dosen memberikan nilai sesuai dengan hasil kerja mahasiswa, mereka juga akan menilai kedisiplinan melalui pengumpulan tugas yang sesuai deadline.

Dia juga mengingatkan, jangan hanya memperhatikan pengumpulan tugas dengan nilai tinggi saja, mahasiswa juga perlu memperhatikan absen di setiap mata kuliah yang diikuti.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3449 seconds (0.1#10.140)