Tertarik Masuk Jurusan Hotel Management? Ini 5 Peluang Kerjanya

Sabtu, 11 Desember 2021 - 16:56 WIB
loading...
Tertarik Masuk Jurusan Hotel Management? Ini 5 Peluang Kerjanya
Jurusan perhotelan makin diminati para mahasiswa. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pesatnya perkembangan industri pariwisata tak lepas dari pertumbuhan bisnis penginapan dan perhotelan yang kian meningkat. Mempertimbangkan peluang dan prospek kerja setelah lulus, tidak sedikit calon mahasiswa yang memutuskan memilih jurusan Hotel Management.

Bagi kamu yang tertarik masuk jurusan ini, perlu diketahui jika nanti kalian akan mempelajari ilmu perhotelan . Termasuk bagaimana cara mengelola dan mengawasi hotel serta menyeimbangkan aspek wisata dari sisi manajerial.

Baca juga: Kemenag Dorong Lembaga Pendidikan Kedepankan Inovasi dan Berpikir Without the Box

Melansir laman resmi Bina Nusantara University di binus.ac.id, kampus swasta ini juga membuka jurusan tersebut yang akan membekali mahasiswanya dengan keterampilan bahasa asing untuk berkomunikasi dengan wisatawan mancanegara.

Agar menjadi tenaga profesional, keahlian yang harus dimiliki ialah kemampuan adaptasi yang baik, ketelitian tinggi, ketekunan, fokus pada detail, kesabaran dalam melayani pelanggan, dan mampu bekerja sama dengan banyak pihak.

Lalu seperti apa peluang kerja bagi lulusan Hotel Management? Berikut ini ulasannya.

1. Manajer Hotel
Sesuai namanya, manajer hotel bertanggung jawab mengatur dan memastikan kegiatan operasional, staf hotel, dan pemasaran berjalan lancar. Tugas manajer hotel adalah mengontrol penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) supaya tidak melenceng.

Agar bisa mengelola hotel dengan baik, diperlukan kemampuan leadership dan proaktif. Seorang manajer hotel juga harus memiliki kemampuan berbicara yang mumpuni dan menguasai ilmu dasar manajemen, bisnis, dan keuangan.

2. Wedding Organizer
Hotel merupakan salah satu tempat favorit yang dipilih calon pengantin untuk menyelenggarakan pesta pernikahan. Untuk memastikan acara tersebut berjalan lancar diperlukan wedding organizer yang bertugas merencanakan, mengatur, menyusun, dan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait. Mulai dari pengisi acara, dapur, pelayan, tamu, hingga vendor.

Bagi mahasiswa yang tertarik berkarir sebagai wedding organizer, maka nantinya harus bisa menguasai situasi dan kondisi. Selain itu, juga harus pandai mengatur keuangan, kreatif, berpikiran terbuka, mengikuti tren terkini, serta mampu bernegosiasi.

Berbekal kemampuan akan menjadikan kalian dikenal sebagai wedding organizer profesional dan dapat diandalkan.

3. Manajer Restoran
Lulusan Hotel Management juga bisa bekerja sebagai manajer restoran. Dengan tugas pentingnya yakni memimpin dan mengawasi kinerja tim, membantu kerja staf agar optimal, merekrut karyawan baru, memastikan kepuasan tamu, dan menetapkan tujuan penjualan.

Seorang manajer restoran diharapkan memiliki kemampuan baik dalam menyelesaikan suatu masalah, melayani pelanggan, berkomunikasi, bernegosiasi, dan bisa bekerja di bawah tekanan.

Bagi yang telah berpengalaman, bisa bekerja sebagai manajer restoran di kapal pesiar. Berada di bawah pengawasan Departemen Food and Beverage, manager restoran kapal pesiar bertanggung jawab mengendalikan operasional restoran. Selain itu juga harus melakukan koordinasi dengan General Manager (GM) kapal pesiar untuk memastikan keadaan aman terkendali.

4. Manager Marketing Hotel
Tugas manajer marketing hotel ialah memasarkan hotel secara offline maupun online. Selain itu, juga harus bisa berkomunikasi dengan pelanggan, memberikan panduan tentang pemanfaatan hotel, dan menciptakan inovasi untuk meningkatkan permintaan pesanan kamar.

Seorang manajer marketing hotel diharapkan memiliki kemampuan persuasi, menguasai bahasa asing, serta pengetahuan mengenai pemasaran, ilmu bisnis, dan ekonomi.

5. Dosen
Bagi kamu yang ingin mendedikasikan diri di dunia pendidikan, kamu bisa memilih dosen sebagai profesi di masa depan. Sebagai seorang dosen, tugasnya nanti harus mempersiapkan silabus, membimbing dan mengevaluasi mahasiswa, serta melakukan penelitian pribadi terkait bidangnya.

Supaya bisa menjadi dosen yang berkualitas, maka harus menguasai public speaking, memiliki pengetahuan luas, dan mampu melakukan riset.

Alangkah lebih baik apabila bisa juga melanjutkan kuliah S2. Hal ini dilakukan agar calon dosen bisa menguasai materi secara mendalam dan sukses mencetak generasi penerus bangsa.

Demikianlah informasi mengenai prospek lulusan jurusan Hotel Management yang perlu kamu ketahui.
(mpw)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2947 seconds (11.210#12.26)