Guru Besar IPB: Ilmu Matematika Bisa Cegah Penyebaran Penyakit Menular

Jum'at, 24 Desember 2021 - 19:41 WIB
loading...
Guru Besar IPB: Ilmu Matematika Bisa Cegah Penyebaran Penyakit Menular
Guru Besar IPB University dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Prof Jaharuddin. Foto/Dok/Humas IPB University
A A A
JAKARTA - Guru Besar IPB University dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) menyampaikan bahwa ilmu matematika dapat digunakan untuk mencegah penyebaran penyakit menular.

Dalam Konferensi Pers Pra Orasi Guru Besar Tetap, Prof Jaharuddin mengatakan, kajian matematik yang dilakukan, terkait dengan sifat-sifat dinamik dari model matematika dari penyebaran penyakit menular.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Anak IPS Favorit dengan Prospek Kerjanya yang Luas

“Bilangan yang menunjukkan penyebaran penyakit, yaitu bilangan reproduksi dasar, diformulasikan untuk mencegah wabah penyakit atau menghilangkan kompartemen infeksi dalam populasi,” katanya melalui siaran pers, Jumat (24/12/2021).

Teorema kestabilan titik tetap yang dirumuskan dapat memberikan informasi kapan penyebaran penyakit campak menghilang (bebas penyakit) dan menjadi wabah (endemik).

Pada penyebaran penyakit campak, lanjutnya, model kompartemennya dikembangkan berdasarkan fakta bahwa vaksinasi dan pengobatan merupakan strategi dalam pengelolaan dan mitigasi penyebaran penyakit.

Baca juga: UIN Jakarta Luncurkan Beasiswa Professor Nabilah Lubis Scholarship untuk Studi Bahasa Arab

“Bilangan reproduksi dasar yang diperoleh hanya bergantung pada nilai-nilai parameter model, maka perlu mengetahui parameter yang paling sensitif. Indeks sensitivitas ini memberikan informasi mengenai parameter fisis dari model yang perlu dikontrol agar penyebaran penyakit ini tidak menjadi wabah,” ujarnya.

Ia menambahkan, berdasarkan analisis sensitivitas dengan data penyebaran penyakit campak di Indonesia pada 2018, direkomendasikan untuk memperkecil kontak dan memperbanyak pengobatan pada individu yang terpapar.

Selain untuk mencegah penyebaran penyakit, model matematika juga dapat digunakan untuk memprediksi nilai dari parameter-parameter gelombang. Prediksi yang dihasilkan dari parameter-parameter ini menjadi dasar dalam upaya mengantisipasi risiko yang mungkin muncul akibat fenomena ini.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1869 seconds (11.97#12.26)