Guru Besar IPB: Ilmu Matematika Bisa Cegah Penyebaran Penyakit Menular

Jum'at, 24 Desember 2021 - 19:41 WIB
loading...
A A A
“Gelombang internal adalah gelombang yang terjadi di bawah permukaan laut, sehingga tidak teramati secara kasat mata. Keberadaan gelombang internal ini disebabkan oleh perbedaan rapat massa air laut di setiap lapisan,” katanya.

Menurutnya, gelombang soliter internal merupakan salah satu gelombang internal yang banyak diamati, karena gelombang ini terdeteksi melalui pola gelap terang yang teratur di permukaan laut yang dapat terekam oleh SAR (Synthetic Aperture Radar).

Menurutnya, gelombang internal menyebabkan air dingin dan plankton-plankton atau nutrisi-nutrisi lain yang berada di dekat dasar laut bergerak ke lapisan atas dekat permukaan.

“Sejumlah peneliti melaporkan adanya gelombang soliter internal di perairan Indonesia, seperti di Selat Lombok, dan di Selat Makassar. Gelombang soliter internal juga dapat terjadi di atmosfir sebagai akibat rapat massa udara yang tidak konstan,” imbuhnya.

Ia melanjutkan, kontribusi pemodelan matematika untuk menjelaskan fenomena gelombang internal dan kompleksitas penyebaran penyakit menular sangat jelas. Model matematika yang dihasilkan merupakan terjemahan hukum-hukum yang mengendalikan fenomena tersebut.

“Namun, tantangan terhadap pemodelan matematika ini muncul ketika model tersebut diuji kesesuaiannya dengan data-data yang diketahui dalam permasalahan tersebut,” tandasnya.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2570 seconds (0.1#10.140)